Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Perkelahian Anggota Polri dan TNI

Beredar video yang diklaim perkelahian antara anggota Polri dan TNI. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim perkelahian antara anggota Polri dan TNI beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 23 Agustus 2022.

Video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan dua pria baku hantam di pinggir jalan. Seorang pria mula-mula melakukan provokasi ke pria lainnya.

Tak berselang lama, kedua pria itu terlibat perkelahian. Bahkan, aksi kedua pria itu menjadi tontonan warga sekitar. Video itu kemudian dikaitkan dengan informasi perkelahian antara anggota Polri dan TNI.

"Gara-gara mobil Anggota TNI dengan mobil tim Buser Polres bersenggolan, akhirnya Anggota TNI mengalah dan sudah meminta maaf duluan, eeeeeh si intel yg gondrong malah mukul duluan, dan akhirnya😁," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 25 kali ditonton dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah dalam video itu anggota Polri dan TNI saling baku hantam? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim perkelahian antara anggota Polri dan TNI. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Macam Ada Skill Bertinju, Netizen Puas Lihat Video Lelaki Berbaju Putih Pertahankan Diri Di Lahad Datu" yang dimuat situs iloveborneo.my pada 18 Agustus 2022.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs iloveborneo.my.</p>

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa perkelahian dalam video itu terjadi Lahad Datu, Sabah, Malaysia. Dua pria yang terlibat dalam baku hantam itu merupakan pemuda Malaysia.

Setelah video viral, akun Facebook yang mengaku sebagai saudara laki-laki berbaju ungu mengatakan bahwa adiknya memiliki penyakit mental yang disebut Skizofrenia dan sedang dirawat di klinik psikiatri.

Dia juga meminta siapa pun yang menemukan adiknya tiba-tiba berteriak atau bertindak agresif untuk meninggalkannya sendirian.

 

Referensi:

https://www.iloveborneo.my/macam-ada-skill-bertinju-netizen-puas-lihat-video-lelaki-berbaju-putih-pertahankan-diri-di-lahad-datu/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim perkelahian antara anggota Polri dan TNI ternyata tidak benar. Faktanya, video itu merupakan perkelahian antarpemuda di Malaysia.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.