Sukses

Deretan Hoaks Ramuan Penyembuh Asam Urat: Air Kelapa Muda Bakar hingga Jus Nanas

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah hoaks terkait ramuan yang mampu menyembuhkan asam urat masih bermunculan di media sosial. Satu di antaranya klaim mengonsumsi air kelapa muda bakar dicampur rempah-rempah dapat menyembuhkan batu ginjal hingga asam urat.

Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Maret 2022 lalu. Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi cara membuat ramuan dari air kelapa muda bakar yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

"BATU GINJAL..?

Hancurkan dengan KELAPA MUDA BAKAR dan rempah-rempah, Obat ini sepele tapi ampuh di bandingkan obat kimiawi... BUKTIKAN SENDIRI..🙂

Campuran rempah-rempah :

1. Cengkeh

2. Jahe bakar

3. Merica.

4. Kulit kayu manis.

5. Pala

6 Gula merah aren asli.

Caranya :

• Rempah-rempah dihaluskan secukupnya sebesar kacang tanah.

• Bakar kelapa lalu masukkan rempah rempah yang sudah di haluskan.

• Setelah mendidih lalu masukkan gula aren sebesar 2 jari.

• Aduk rata

Minum di malam hari, usahakan setelah minum air kelapa bakar jangan minum air putih atau yang lainnya sampai besok pagi.

Jika perut anda mules dan berak mencret itu berarti bereaksi dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh lewat kotoran kitaLalu pemulihan kembali, setelah 3 hari minum air kelapa hijau gak perlu di rebus, cukup campur kuning telur ayam kampung 2 biji aduk rata

Lakukan seblm tidur dan jangan minum air putih atau yg lainnya sampai besok pagi

Manfaat dan khasiatnya :

– Gangguan Ginjal (MenghancurkanBatu Ginjal).

– Liver (Perut Bengkak).

– Prostat (Sulit buang air kecil).

– Sakit Pinggang / Encok / Pegel / Linu / Rematik.

– Darah Tinggi (Bludreg).

– Darah Rendah (Animea).

– Diabetes (kencing Manis).

– Asma (Sesak Nafas & Polip).

– Asam Urat ( Flu Tulang ).

– Ma’ag ( Nafsu makan Hilang ).

– Proses Kehamilan ( Mempercepat Keturunan).

– dan berbagai jenis penyakit lainnya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 392 kali dibagikan dan mendapat 32 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, klaim mengonsumsi air kelapa muda bakar dicampur rempah-rempah dapat menyembuhkan batu ginjal hingga asam urat ternyata tidak benar. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Selain air kelapa muda, terdapat hoaks lainnya yang diklaim bisa menyembuhkan asam urat. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Tidak Benar Merendam Kaki dengan Minyak Tanah, Garam, dan Es Bisa Sembuhkan Asam Urat

Klaim tentang merendam kaki menggunakan minyak tanah, garam dapur, dan es batu bisa mengobati asam urat hingga darah tinggi beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Ayo Hidup Sehat pada 19 Juni 2017.

Akun Facebook Ayo Hidup Sehat mengunggah narasi berisi tata cara mengobati asam urat hingga es batu. Berikut narasinya:

"Begni cara mengobati penyakit asam urat,kolestrol,tekanan darah tinggi..

Bahan yg di gunakan..

1.minyak tanah 1 liter

2.garam dapur 1 bks

3.es batu 2 bungkus di hancurkan..

Diaduk didalam tempat seperti Poto diatasi lalu rendam kaki kita sampai semampu kita menahan rasa sakitnya..di ulang trus sampai 4 kali setiap hari..

Selamat mencoba..Sudah terbukti," tulis akun Facebook Ayo Hidup Sehat.

Setelah ditelusuri, klaim tentang merendam kaki menggunakan minyak tanah, garam dapur, dan es batu bisa mengobati asam urat hingga darah tinggi ternyata tidak terbukti.

Guru Besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP menyebut tidak ada bukti ilmiah dan penelitian yang mendukung klaim tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tidak Benar Mengonsumsi Jus Nanas, Lobak, dan Kemiri Bisa Sembuhkan Asam Urat

Klaim mengonsumsi nanas, lobak, dan kemiri dijus bersamaan dapat menyembuhkan asam urat beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 Juli 2017.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi tentang cara membuat ramuan dari nanas, lobak, dan kemiri sebagai obat penyembut asam urat.

"SEMBUH TOTAL

Saya pernah mengalami penyakit asam urat dan kolesterol, sampai dua duanya induk jari ngak bisa di tekuk. Setelah diperiksa asam urat sudah diambang batas 8,6. Minum obat segala macam, enakan sebentar kambuh lagi.Nemu resep ini maaf udah lupa dari siapa.

Bahan :

1 buah nenas

1 buah lobak

5 butir kemiri

Semua di jus tanpa campuran gula & susuMinum sekaligus cukup ulangi 1 x 3 bln. Asam urat dan kolesterol hilang selamanya."Berbagi itu indah"

Cat. Jika punya riwayat sakit mag minum setelah makan...!!" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 135 ribu kali dibagikan dan mendapat 543 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, klaim mengonsumsi nanas, lobak, dan kemiri dijus bersamaan dapat menyembuhkan asam urat ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.