Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pria dalam Video Ini Merupakan Manusia Tertua di Dunia asal Vietnam

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim manusia tertua di dunia bernama Luen Wang Shin asal Vietnam beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 22 Juli 2022.

Dalam video tersebut tampak seorang pria tua tengah terbaring di ranjang. Dia mengenakan selimut berwarna oranye.

Kakek dalam video tersebut diklaim sebagai manusia tertua di dunia bernama Luen Wang Shin asal Vietnam. Bahkan, Luen Wang Shin disebut telah berusia 399 tahun.

"Namanya Luen Wang Shin. Manusia tertua didunia asal Vietnam yang pernah hidup sampai usia 399 tahun," demikian narasi dalam video tersebut.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 941 kali dibagikan dan mendapat 382 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan manusia tertua di dunia bernama Luen Wang Shin asal Vietnam? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim manusia tertua di dunia bernama Luen Wang Shin asal Vietnam. Penelusuran mengarah ke akun TikTok @auy.saranya.

Akun TikTok @auy.saranya mengunggah video serupa, yakni seorang kakek yang tengah terbaring di ranjang menggunakan selimut berwarna oranye. Akun TikTok tersebut menuliskan narasi bahwa pria tersebut bernama Luang Ta.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Akun TikTok @auy.saranya.</p>

"Klip ini diambil pada 18/03/65. Luang Ta masih nyaring dan jernih. Saya pandai berbicara. Saya tidak berpikir bahwa dalam 4 hari ke depan Luang Ta akan melarikan diri seperti ini. Saya sangat merindukanmu. Saya ingin mendengar suara ini lagi," tulis akun TikTok @auy.saranya.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "luang ta yai" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan siapa Luang Ta Yai.

Yakni artikel berjudul "MEET LUANG PHO YAI AS 109-YEAR-OLD THAI MONK TAKES OVER TIKTOK" yang dimuat situs hitc.com pada 23 Februari 2022.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa video biksu tua yang tengah mengusap kepala anak perempuan sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu.

Video itu pertama kali diunggah oleh akun TikTok @auyary13. Pria tua itu merupakan biksu asal Thailand bernama Luang Pho Yai, atau Luang Ta. Biksu itu berusia 109 tahun.

Luang dilaporkan lahir pada 12 Agustus 1913, dan akan berusia 109 tahun pada Agustus 2022. Ia telah mengabdi sebagai biksu Buddha selama 77 tahun, bersama dengan pendidikannya yang menyebar ke seluruh Asia dan bahkan ke tempat-tempat dunia barat.

 

Referensi:

https://www.tiktok.com/@auy.saranya/video/7081297558395456795?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1

https://www.hitc.com/en-gb/2022/02/23/luang-ta/

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim manusia tertua di dunia bernama Luen Wang Shin asal Vietnam dan berusia 399 tahun ternyata tidak benar. Faktanya, pria tua dalam video merupakan biksu asal Thailand bernama Luang Pho Yai, atau Luang Ta. Ia kini berusia 109 tahun.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS