Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina

Berikut kumpulan hoaks seputar perjalanan Jokowi ke Rusia dan Ukraina

Liputan6.com, Jakarta- Kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Rusia dan Ukraina dalam misi perdamaian beberapa waktu lalu menimbulkan sejumlah reaksi, bahkan hoaks seputar kegiatan tersebut pun telah beredar.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar perjalanan Jokowi ke Rusia dan Ukraina.

Video Paduan Suara untuk Sambut Jokowi di Rusia

Sebuah video yang diklaim paduan suara anak-anak untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Rusia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 1 Juli 2022.

Video berdurasi 1 menit 45 detik itu memperlihatkan sekelompok anak tengah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mereka tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Video itu kemudian dikaitkan paduan suara anak-anak dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Rusia.

"moment anak-anak Rusia menyanyikan lagu Indonesia raya dalam rangka menyambut kedatangan presiden jokowi dalam misi perdamaian dunia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 2 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video paduan suara anak-anak dalam rangka menyambut Jokowi di Rusia? Simak dalam artikel berikut ini...

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tulisan CNN Indonesia Sebut Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina Marah sudah Difitnah dan Direndahkan Jokowi

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tulisan CNN Indonesia yang menyebutkan Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina marah sudah difitnah dan direndahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Klaim tulisan CNN Indonesia yang menyebutkan Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina marah sudah difitnah dan direndahkan Jokowi diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Juli 2022.

Unggahan klaim tulisan CNN Indonesia yang menyebutkan Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina marah sudah difitnah dan direndahkan Jokowi menampilkan sebuah tangkapan layar yang terdapat logo CNNIndonesia dan tulisan sebagai berikut.

"PRESIDEN ZELENSKY DAN RAKYAT UKRAINA BANTAH DAN MARAH SUDAH DIFITNAH DAN DIRENDAHKAN JOKOWI

Hasil dari kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia untuk misi perdamaian akhirnya berbuntut kecaman dari rakyat Ukraina dan Presiden Zelensky. Pasalnya mereka tidak menitip pesan untuk damai ke Presiden Rusia Vladimir Putin. Karena itu adalah merendahkan diri Bangsa Ukraina. Zelensky katakan: “itu adalah kebohongan besar Jokowi.","

Benarkah klaim tulisan CNN Indonesia yang menyebutkan Presiden Zelensky dan Rakyat Ukraina marah sudah difitnah dan direndahkan Jokowi? Simak Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.