Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Kemunculan Masjid di Atas Awan di Lombok

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim kemunculan masjid di atas awan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 Juli 2022.

Video berdurasi 11 detik itu memperlihatkan sejumlah orang tengah berkumpul di sebuah atap bangunan. Mereka tampak terkejut dan melihat ke atas langit.

Beberapa saat kemudian, rekaman video bergeser ke langit. Di situ terlihat bangunan masjid yang tertutup awan. Video itu kemudian dikaitkan dengan kemunculan masjid di atas awan di Lombok.

"Masya Allah Kemunculan Masjid diatas awan di Lombok," tulis salah satu akun Facebook.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 23 ribu kali ditonton dan mendapat 36 komentar dari warganet.

Benarkah terdapat kemunculan masjid di atas awan di Lombok? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim kemunculan masjid di atas awan di Lombok, NTB. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa video serupa di situs berbagi video TikTok. Satu di antaranya saja, video yang diunggah akun TikTok @myuz_gaza1 pada 3 April 2022.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Akun TikTok @myuz_gaza1.</p>

Hanya saja, akun TikTok @myuz_gaza1 tidak menjelaskan mengenai video tersebut. Akun TikTok @myuz_gaza1 kerap mengunggah video yang memperlihatkan penampakan sebuah makhluk atau bangunan di atas langit.

Namun tak sedikit dari warganet yang meragukan keaslian video tersebut dan menyebut unggahan akun @myuz_gaza1 merupakan hasil editan.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "masjid di atas awan lombok" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya, tidak ditemukan artikel dari media arus utama yang mengabarkan adanya penemuan masjid di atas awan di Lombok.

 

Referensi:

https://www.tiktok.com/@myuz_gaza1/video/7082176481727696129?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&lang=ar

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim kemunculan masjid di atas awan di Lombok, NTB ternyata tidak benar alias hoaks. Video tersebut diduga merupakan hasil rekayasa digital.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS