Sukses

Daftar Hoaks Penampakan Perubahan Wajah Akibat Vaksin Covid-19, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks dampak vaksin Covid-19 terus beredar di media sosial dan aplikasi percakapan, isu yang dibagikan pun beragam salah satunya adalah perubahan bentuk muka.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi perubahan bentuk muka akibat vaksin Covid-19, hasilnya kabar tersebut terbukti hoaks.

Kita pun bisa melakukan penelusuran informasi yang didapat untuk membuktikan benar atau salah secara mandiri, caranya dengan mengikuti tips dalam halaman berikut ini.

Berikut kumpulan hoaks seputar perubahan bentuk muka akibat vaksin Covid-19.

 

1. Foto Wajah Orang-orang Akibat Vaksin Pfizer

Penelusuruan klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer.

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 23 Juni 2022.

Unggahan klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer menampilkan empat orang dengan bibir menyungging pada salah satu sisi saja, salah satu orang dalam foto itu adalah Justin Bieber.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Pfizer smile"

Benarkah klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini.

2 dari 4 halaman

Hoaks Berikutnya

2. Vaksin Covid-19 Sebabkan Justin Bieber Alami Kelumpuhan Wajah

<p>Penelusuran klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19</p>

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook.

Unggahan klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19 berupa tulisan sebagai berikut.

Tulisan tersebut disertakan dengan tautan artikel berjudul

"Why I'm 99% certain that Justin Bieber's facial paralysis was caused by the COVID vaccine" yang dimuat situs stevekirsch.substack.com

Benarkah klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

3 dari 4 halaman

Hoaks Selanjutnya

3. Foto Orang Mengalami Kelumpuhan Wajah setelah Divaksin Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto orang mengalami kelumpuhan wajah setelah divaksin corona

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto orang mengalami kelumpuhan wajah setelah divaksin corona covid-19.

Foto orang mengalami kelumpuhan wajah setelah divaksin corona, diunggah akun Facebook Enagoubo YK, pada 10 Januari 2021.

Klaim foto yang diunggah tangkapan layar artikel berjudul "4 Orang Alami Kelumpuhan Wajah Setelah Disuntik Vaksin Corona" yang di dalamnya terdapat foto tiga orang dengan bibir yang miring.

Foto unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Hasil dari suntikan Vaksin corona, 4 orang jadi kelumpuhan wajah....Pemimpin Negara harus tauh arti dari suntikan Vaksin...."

Benarkah foto orang mengalami kelumpuhan wajah setelah divaksin corona? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

 4.  Foto Ini Perubahan Wajah Sebelum dan Sesudah Divaksin Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19.

Klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19 diunggah Binta Wulan Lintang, pada 19 Januari 2021.

Foto yang diunggah menampilkan dua wanita dengan wajah yang terlihat muda di sebelah kiri disertai dengan tulisan "Sebelum" dan wajah wanita nampak tua dan keriput pada sebelah kanan dengan tulisan "Sesudah". Di antara foto tersebut terdapat tulisan "VAKSIN"

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Cebong pasti siap utk di vaksin Sinovac. Malu dong jadi cebong kalau sampai gk mau di vaksin?? ..."

Benarkah klaim foto perubahan wajah sebelum dan sesudah divaksin Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.