Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Wajah Orang-orang dalam Foto Ini Akibat Vaksin Pfizer

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 23 Juni 2022.

Unggahan klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer menampilkan empat orang dengan bibir menyungging pada salah satu sisi saja, salah satu orang dalam foto itu adalah Justin Bieber.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Pfizer smile"

Benarkah klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer, sebelumnya foto tiga wajah yang ada pada klaim telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Tidak Benar Orang dalam Foto Ini Mengalami Kelumpuhan Wajah setelah Divaksin Covid-19"

Dari penelusuran tersebut disimpulkan, foto yang diklaim orang mengalami kelumpuhan wajah setelah divaksin corona tidak terkait, foto tersebut beredar jauh lebih awal sebelum penyuntikan vaksin, bahkan sebelum penetapan Pandemi Covid-19.

Terkait dengan foto Justin Bieber, Cek Fakta Liputan6.com juga telah menelusurinya dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Tak Terbukti Vaksin Covid-19 Sebabkan Justin Bieber Alami Kelumpuhan Wajah" .

Dari hasil penelusuran tersebut disimpulkan, klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19 tidak terbukti.

Para penelitian saat ini belum menetapkan hubungan pasti antara Ramsay Hunt Sindrom dan vaksin COVID-19.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim foto wajah akibat vaksin Pfizer tidak benar.

Foto tersebut tidak terkait dengan penggunaan vaksin Pfizer, foto tiga orang pertama telah muncul sebelum munculnya Covid-19, sedangkan foto Justin Bieber dengan wajah mengalami Ramsay Hunt sindrom dan belum ada bukti terkait dengan vaksin COVID-19.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.