Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Cara Deteksi Asam Urat Melalui Jari Tangan

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video cara untuk mendeteksi asam urat melalui jari tangan. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 13 Februari 2022.

Dalam video berdurasi 15 detik itu terdapat cara untuk mengetahui tanda asam urat. Yakni jika jari bisa menyentuh telapak tangan saat ditekuk maka asam uratnya normal.

Akun itu juga menambahkan narasi:

"Cara mudah cek asam urat

Buat yang tunggunLEON ♡ KHANSALUCAS ♡ KALILA

nanti akan segera up ya, Authornya nginem dulu, nyuci baju emak bapak

Nah, sambil nunggu Author mau share video bermanfaat, cara mudah cek asam urat normal atau tidak"

Lalu benarkah postingan video cara untuk mendeteksi asam urat melalui jari tangan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan memasukkan kata kunci "Cek Fakta Asam Urat" di mesin pencarian Google. Hasilnya ada artikel berjudul "[HOAKS] Tes Sederhana Deteksi Asam Urat" yang tayang di laman Kominfo pada 24 Februari 2019.

Dalam artikel tersebut terdapat penjelasan dari Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

"Itu hoaks. Sekarang orang kalau mau memastikan ya cek laboratorium," ujarnya.

Selain itu dilansir dari Halodoc cek asam urat bisa dilakukan dengan dua cara yaitu tes asam urat dalam darah dan tes asam urat dalam urine.

Tes darah dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk kemudian diperiksa di laboratorium atau alat cek asam urat khusus. Sampel darah yang diambil nantinya akan menunjukkan angka yang merupakan kandungan atau kadar asam urat seseorang.

Sementara pemeriksaan urine dilakukan dengan mengambil sampel air kencing alias urine. Kamu perlu mengumpulkan urine selama 24 jam. Petugas kesehatan akan memberi tahu kamu cara mengumpulkan sampel urine dan menyimpannya.

Melalui pemeriksaan ini, akan diketahui bagaimana fungsi ginjal dalam membuang asam urat. Jika ginjal tidak dapat membuang asam urat dari darah secara normal, risiko pembentukan kristal atau batu ginjal menjadi lebih besar.

Sumber:

https://kominfo.go.id/content/detail/16660/hoaks-tes-sederhana-deteksi-asam-urat/0/laporan_isu_hoaks

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3809408/tersebar-foto-tes-sederhana-deteksi-asam-urat-dokter-sebut-hoax

https://www.halodoc.com/kesehatan/cek-asam-urat

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video cara untuk mendeteksi asam urat melalui jari tangan adalah hoaks. Tes asam urat hanya bisa dilakukan melalui tes darah atau urine di laboratorium.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.