Sukses

Kumpulan Hoaks Pengobatan Kanker, dari Kunyit hingga Makan Buah

Liputan6.com, Jakarta- Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan, hingga kini informasi tentang pengobatan penyakit tersebut pun beredar mulai medis hingga herbal.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar pengobatan kanker, mulai dari mengkonsumsi kunyit hingga makan buah saat perut kosong hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Kita harus waspada agar tidak menjadi korban informasi salah atau hoaks. Caranya, sebelum mempercayai informasi yang didapat dipastikan terlebih dahulu kebenarannya.

Kita pun bisa memastikan informasi yang didapat benar atau salah secara mandiri, dengan mengikuti tips seperti dalam halaman berikut ini.

Berikut kumpulan hoaks seputar pengobatan kanker.

1. Kunyit Putih hingga Gula Batu Bisa Sembuhkan Kanker

Klaim mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kembali beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 April 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan dari daun sisik naga. Beriku isinya.

"Assalamu'alaikum....

Untuk sodaru/i ku di mana pun berada,, jika punya keluhan Penyakit ,, Asam urat/ reumatik,, Asam lambung,, Radang paru2 / tenggorokan,, Tekanan darah tinggi,, sakit pinggang,, Radang tulang,, pengapuran tulang,, prostat,, Usus buntu,, Asma,, lemah jantung,, diabet kering/basah,, typus,, lever,, migren,, kolestrol,, kanker darah,, kanker Rahim,, Kanker payudara,, teroid..

Coba ikhtiar kan dgn Daun Sisik Naga ,, biasa nya Tumbuh di pohon2 yg besar,, saya yakin kalian pernah melihat nya ...

Jika ada silah kan di ambil minimal 7 lembar/9 lembar daun sisik naga trs cuci bersih dan rebus dgn ukuran 3 gelas Air minum sampe mendidih dan tunggu sampe Air itu menjadi 1 gelas,, di kosumsi setelah bangun tidur dlm kondisi perut kosong ...

Sebelum di minum tolong berdoa ..

Basmallah 1x

Al fatihah 3X

Istigfar 3x

Syahadat 3x

Sholawat syifa 3x trs tiup kan ka Air nya 3X...

Trs berdoa dgn Bahasa kita..

Ya Allah dgn wasilah Air Rebusan Daun sisik Naga ini,, Sembuh kan lah penyakit .....??

Dgn cepat & maksimal,, Aamiin 3X..

Dan silah kan di minum...

**Efek samping---> Sering buang air kecil(sering kencing krn penyakit nya keluar nya lewat air seni)

Smoga Bermanfaat & dgn ijin Allah Smua penyakit Sembuh dgn cepat & maksimal," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.200 kali dibagikan dan mendapat 42 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi air rebusan daun sisik naga bisa menyembuhkan berbagai penyakit? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kunyit Putih hingga Gula Batu

2. Kunyit Putih hingga Gula Batu Bisa Sembuhkan Kanker

Kabar tentang menyembuhkan kanker dengan mengonsumsi kunyit putih hingga gula batu beredar di media sosial. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook dan kembali ramai dibagikan pada 18 Mei 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim kanker bisa disembuhknya dengan mengonsumsi berbagai bahan alami, mulai dari kunyit putih hingga gula batu.

"Jika ada anggota keluarga atau kenalan yang kena kanker dan sudah buntu jalan penyembuhan, tidak punya dana, sebaiknya pakai resep ini. Seorang pasien kanker bernama Ibu Carla yang sudah mulai disembuhkan yang menyebarkan resep ini & dia berkata, sering saya lihat orang CA meninggal bukan karena kankernya tapi karena effek samping kemo yang sangat keras membuat kondisi pasien menjadi tambah lemah setiap kali sehabis kemo. Sering yang sudah sembuh tulangnya menjadi osteoporosis atau rapuh (termasuk gigi) karena kerasnya radiasi/penyinaran juga obat-obatan kemo.

Berikut ini adalah obat kanker dari bahan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

1. 150 gr Kunyit Putih

2. 150 gr Kunyit Biasa

3. 250 gr Biang Kunyit

4. 25 gr Jahe Merah

5. 100gr Jahe

6. 125gr Temu Ireng

7. 125gr Temu Putih

8. 2-3bh Pinang Muda (hijau)

9. 15-21lbr daun sirih (jumlah tergantung besar kecil daun sirih)

10. 30 gr Asem Jawa

11. Gula Batu (sesuai selera)

Cara buat obatnya:

1) Bersihkan, sikat, cuci, lalu dikeprek bahan-bahan segarnya

2) Rebus dgn 3.5L air dalam panci khusus utk masak jamu/obat cina/enamel

3) Sampai tinggal 2L air

4) Diminum pagi - siang - malam seperti jamu/air biasa, 2L jatah minum utk 2 harisimpan d kulkas

5) Kalau pancinya kecil boleh direbus dgn 2 L air sampai 1 L utk 2 x rebus

Semoga Bermanfaat buat kita semua..," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 105 kali dibagikan dan mendapat 3.500 komentar warganet.

Benarkah kanker bisa disembuhknya dengan mengonsumsi berbagai bahan alami, mulai dari kunyit putih hingga gula batu? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3 dari 4 halaman

Makan Buah saat Perut Kosong

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tips makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker.

"Tolong Bpk-Ibu menyempatkan waktu membaca sekilas info ttg kesehatan buat Anak Bangsa Kita, Keluarga, Saudara, Sahabat, Teman semuanya spy tdk terkena penyakit kanker !!!_______

'MAKAN BUAH SA'AT PERUT KOSONG.'

Dokter STEPHEN MAK merawat pasien kanker stadium akhir dengan cara unik. Banyak pasiennya sembuh. 'Ini merupakan strategi saya untuk menyembuhkan kanker. Tingkat keberhasilannya 80 persen,' tegas Mak.

Pasien kanker seharusnya tidak mati. Terapi anti kanker sudah ditemukan yakni makanlah buah-buahan saat perut kosong atau sangat lapar.'Saya mohon maaf kepada ratusan pasien kanker yang telah meninggal akibat pengobatan konvensional,' pungkasnya.

TIPS MAKAN BUAH YG TEPAT.Hindarilah makan buah setelah makan nasi dan lauk. Cara ini sangat dilarang atau 'haram,' jikalau Anda ingin bebas dari serangan kanker dan penyakit mematikan lainnya.

Jika Anda makan buah saat perut kosong, maka detoksifikasi sistem tubuh Anda meningkat berkali-kali lipat. Problem kelebihan berat badan dan penyakit mematikan lainnya teratasi.

DAHSYATNYA BUAH-BUAHAN.Jika Anda makan nasi, lalu menyusul buah, maka buah dicegah oleh nasi sebelum menuju usus. Nasi dan buah membusuk, berfermentasi, dan berubah menjadi asam. Tubuh yang sangat asam penyebab kanker dan penyakit mematikan lainnya.Saat buah bersentuhan dengan nasi di usus, maka seluruh massa nasi perlahan rusak. Jadi, silakan makan buah saat perut kosong atau sebelum makan nasi dan lauk.

EFEK SALAH MAKAN BUAH.Mungkin Anda pernah mendengar keluhan yakni setiap kali :- makan semangka, ada orang menderita sendawa, - ketika makan durian perutnya kembung, - ketika makan pisang rasanya segera ke toilet, dan lainnya. Kondisi ini tidak bakal terjadi, jikalau Anda makan buah apa saja saat perut kosong. Karena buah-buahnya bercampur dengan pembusukan makanan lain, sehingga menghasilkan gas dalam usus.

Rambut uban, rambut rontok, botak, gugup, dan lingkaran hitam di bawah mata tidak akan terjadi, jikalau Anda makan buah saat perut kosong.

'Jeruk dan lemon bersifat asam, tetapi menjadi alkalin (basa) di dalam tubuh, jikalau dimakan saat perut kosong,' ulas dokter HERBERT SHELTON yang melakukan riset khusus tentang asam basa tubuh.

BUAH UMUR PANJANG & SEHAT.Jika Anda menguasai cara makan buah yang benar, maka Anda memiliki rahasia keindahan tubuh, umur panjang, kesehatan, vitalitas, kebahagiaan, dan berat badan ideal.

BAHAYA BUAH YG DIPANASKAN ATAU DIMASAK.Saat Anda minum jus buah, minumlah jus buah segar, bukan dari kemasan kaleng, bungkusan, atau botol.Jangan minum jus yang dipanaskan. Jangan makan buah yang dimasak, karena semua nutrisi sudah hilang. Anda hanya mendapatkan rasanya saja. Memasak buah-buahan akan menghancurkan semua vitamin yang ada dalam buah. Makan buah utuh lebih baik dari pada minum jus.Jika pun Anda minum jus buah segar, minumlah dengan perlahan, karena Anda harus membiarkannya bercampur dengan air liur (ensim di mulut) sebelum menelannya.

TERAPI BUAH TIGA HARI BER-TURUT² TANPA NASI & LAUK.Silahkan Anda coba mengkonsumsi buah selama 3 hari berturut-turut untuk membersihkan semua racun (detoksifikasi) di tubuhnya---hanya makan buah dan minum jus buah segar selama 3 hari berturut-turut tanpa makan nasi dan lauk. Teman-teman Anda akan melihat Anda lebih segar, cantik, dan enerjik.

BAHAYA MINUM AIR DINGIN STLH MAKAN, PEMICU KANKER.Jika Anda sering minum air dingin (air es) setelah makan, maka tamatlah hidup Anda. Karena semua jenis kanker siap menghancurkan tubuh Anda.

Minum air es setelah makan sangatlah nikmat, tetapi sangatlah membawa sengsara. Air es mengentalkan semua makanan berminyak yang baru saja Anda makan. Akibatnya proses pencernaan menjadi sangat lambat.Usus akan sangat cepat rusak, karena memaksa kerjanya.

Lebih dari itu, makanan berlemak dan telah membeku akan melapisi dinding usus Anda, sehingga perlahan memicu kanker usus.

Tentu saja Anda akan semakin gemuk dan sekaligus perlahan menginap kanker ganas. Karena itu, minumlah sup hangat atau air hangat setelah makan.

Semakin Anda tahu, semakin besar peluang Anda untuk bertahan hidup, sehat, dan umur panjang tanpa biaya mahal.

VIRALKAN informasi di atas terutama kepada KELUARGA dan rekan-rekan Anda.

BAHAGIA SUKSES,'SAVE Health, SAVE Future.'

Surabaya, 20 Agustus 2021.Editor : Dr. Harsono Njoto."

Benarkah makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.