Sukses

Cek Fakta: Muncul Lagi Informasi Palsu Kunyit Putih hingga Gula Batu Bisa Sembuhkan Kanker

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang menyembuhkan kanker dengan mengonsumsi kunyit putih hingga gula batu beredar di media sosial. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook dan kembali ramai dibagikan pada 18 Mei 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim kanker bisa disembuhknya dengan mengonsumsi berbagai bahan alami, mulai dari kunyit putih hingga gula batu.

"Jika ada anggota keluarga atau kenalan yang kena kanker dan sudah buntu jalan penyembuhan, tidak punya dana, sebaiknya pakai resep ini. Seorang pasien kanker bernama Ibu Carla yang sudah mulai disembuhkan yang menyebarkan resep ini & dia berkata, sering saya lihat orang CA meninggal bukan karena kankernya tapi karena effek samping kemo yang sangat keras membuat kondisi pasien menjadi tambah lemah setiap kali sehabis kemo. Sering yang sudah sembuh tulangnya menjadi osteoporosis atau rapuh (termasuk gigi) karena kerasnya radiasi/penyinaran juga obat-obatan kemo.

Berikut ini adalah obat kanker dari bahan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

1. 150 gr Kunyit Putih

2. 150 gr Kunyit Biasa

3. 250 gr Biang Kunyit

4. 25 gr Jahe Merah

5. 100gr Jahe

6. 125gr Temu Ireng

7. 125gr Temu Putih

8. 2-3bh Pinang Muda (hijau)

9. 15-21lbr daun sirih (jumlah tergantung besar kecil daun sirih)

10. 30 gr Asem Jawa

11. Gula Batu (sesuai selera)

Cara buat obatnya:

1) Bersihkan, sikat, cuci, lalu dikeprek bahan-bahan segarnya

2) Rebus dgn 3.5L air dalam panci khusus utk masak jamu/obat cina/enamel

3) Sampai tinggal 2L air

4) Diminum pagi - siang - malam seperti jamu/air biasa, 2L jatah minum utk 2 harisimpan d kulkas

5) Kalau pancinya kecil boleh direbus dgn 2 L air sampai 1 L utk 2 x rebus

Semoga Bermanfaat buat kita semua..," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 105 kali dibagikan dan mendapat 3.500 komentar warganet.

Benarkah kanker bisa disembuhknya dengan mengonsumsi berbagai bahan alami, mulai dari kunyit putih hingga gula batu? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim kanker bisa disembuhknya dengan mengonsumsi berbagai bahan alami, mulai dari kunyit putih hingga gula batu.

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "kunyit putih gula batu sembuhkan kanker" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya mengarah ke artikel berjudul "Cek Fakta: Tidak Benar Kunyit Putih hingga Gula Batu Bisa Sembuhkan Kanker Payudara" yang dimuat situs liputan6.com pada 14 September 2020 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa tidak ada bukti klinis penelitan tentang air rebusan kunyit putih hingga gula batu sebagai resep alami untuk menyembuhkan kanker, termasuk kanker payudara.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Onkologi dari Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr Walta Gautama, Sp.B(K) Onk.

"Tidak ada bukti klinis penelitannya, kalau dalam dunia medis namanya complimentary therapy hanya untuk meningkatkan imunitas, sebagian bahannya mengandung anti oksidan dan antiradang," kata Walta.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim kanker bisa disembuhknya dengan mengonsumsi berbagai bahan alami, mulai dari kunyit putih hingga gula batu ternyata tidak benar. Faktanya, tidak ada bukti klinis yang mendukung klaim tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.