Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kunyit Putih hingga Gula Batu Bisa Sembuhkan Kanker Payudara

Beredar klaim air rebusan kunyit putih hingga gula batu dapat menyembuhkan kanker payudara. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang air rebusan kunyit putih hingga gula batu dapat menyembuhkan kanker payudara beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan akun Facebook Ramdhan pada 12 Februari 2019.

Akun Facebook Ramdhan mengunggah narasi yang berisi resep alami yang diklaim mampu menyembuhkan kanker payudara akibat efek samping kemoterapi yang mampu membuat kondisi pasien lemah.

Dalam postingan tersebut dicerita bahwa pasien kanker payudara bernama Ibu Carla berhasil sembuh setelah menggunakan ramuan herbal. 

Begini narasi postingan tersebut:

"Jika ada anggota keluarga atau kenalan yang kena kanker dan sudah buntu jalan penyembuhan, tidak punya dana, sebaiknya pakai resep ini. Seorang pasien kanker bernama Ibu Carla yang sudah mulai disembuhkan yang menyebarkan resep ini & dia berkata, sering saya lihat orang CA meninggal bukan karena kankernya tapi karena effek samping kemo yang sangat keras membuat kondisi pasien menjadi tambah lemah setiap kali sehabis kemo. Sering yang sudah sembuh tulangnya menjadi osteoporosis atau rapuh (termasuk gigi) karena kerasnya radiasi/penyinaran juga obat-obatan kemo.

Berikut ini adalah obat kanker dari bahan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

1. 150 gr Kunyit Putih

2. 150 gr Kunyit Biasa

3. 250 gr Biang Kunyit

4. 25 gr Jahe Merah

5. 100gr Jahe

6. 125gr Temu Ireng

7. 125gr Temu Putih

8. 2-3bh Pinang Muda (hijau)

9. 15-21lbr daun sirih (jumlah tergantung besar kecil daun sirih)

10. 30 gr Asem Jawa

11 Gula Batu (sesuai selera)

Cara buat obatnya:

1) Bersihkan, sikat, cuci, lalu dikeprek bahan-bahan segarnya

2) Rebus dgn 3.5L air dalam panci khusus utk masak jamu/obat cina/enamel

3) Sampai tinggal 2L air

4) Diminum pagi - siang - malam seperti jamu/air biasa, 2L jatah minum utk 2 hari simpan d kulkas

5) Kalau pancinya kecil boleh direbus dgn 2 L air sampai 1 L utk 2 x rebus

Semoga Bermanfaat buat kita semua..," tulis akun Facebook Ramdhan.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ramdhan telah 46 ribu kali dibagikan dan mendapat 1.800 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang air rebusan kunyit putih hingga gula batu dapat menyembuhkan kanker payudara.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Dokter Onkologi dari Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr Walta Gautama, Sp.B(K) Onk.

Walta menyebut, tidak ada bukti klinis penelitan tentang air rebusan kunyit putih hingga gula batu sebagai resep alami untuk menyembuhkan kanker payudara.

"Tidak ada bukti klinis penelitannya, kalau dalam dunia medis namanya complimentary therapy hanya untuk meningkatkan imunitas, sebagian bahannya mengandung anti oksidan dan antiradang," tutur Walta kepada Liputan6.com, Senin (14/09/2020).

Tips Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Ada beberapa tips untuk mengurangi risiko kanker payudara. Informasi ini dikutip dari artikel berjudul "Cek, 6 Tips Ini Dapat Mengurangi Risiko Kanker Payudara" yang dimuat Liputan6.com pada 6 Februari 2020.

Kanker payudara merupakan kondisi di mana sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Jenis kanker ini terbentuk di kelenjar yang menghasilkan air susu hingga ke puting payudara.

Semakin bertambahnya pasien kanker payudara, pastinya wanita semakin khawatir dan bertanya-tanya apakah ada langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah jenis kanker ini? Anda dapat memperhatikan tips di bawah ini untuk mengurangi risiko kanker payudara.

1. Berhenti Merokok

Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa adanya hubungan antara merokok dan risiko kanker payudara, terutama pada wanita premenopause. Hal ini seperti yang dilansir dari Mayo Clinic.

2. Batasi Mengonsumsi Alkohol

Semakin banyak alkohol yang Anda konsumsi, semakin besar juga risiko terkena kanker payudara. Berdasarkan penelitian mengenai efek alkohol pada risiko terkenanya kanker payudara, Anda dapat membatasi diri untuk mengurangi dalam jumlah yang kecil konsumsi alkohol.

3. Kontrol Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara, terutama setelah Anda menopause atau pascamenopause.

4. Hindari Paparan Radiasi dan Pencemaran Lingkungan

Metode pencitraan medis, seperti tomografi terkomputerisasi yang menggunakan radiasi dosis tinggi dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kanker payudara dan paparan kumulatif terhadap radiasi selama hidup Anda. Sebaiknya kurangi eksposur Anda dengan melakukan tes seperti itu hanya jika benar-benar diperlukan.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang air rebusan kunyit putih hingga gula batu dapat menyembuhkan kanker payudara ternyata tidak benar.

Dokter Onkologi dari Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr Walta Gautama, Sp.B(K) Onk menyebut tidak ada bukti klinis untuk mendukung klaim tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.