Sukses

Indonesia Terapkan Empat Aspek Percepatan Transformasi Digital

Kominfo telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pemerintah Indonesia menerapkan empat aspek percepatan transformasi digital yang inklusif. Tujuannya adalah untuk mendukung pengembangan komunitas digital di kawasan Asia Tenggara.

Dikutip dari Antara, Dedy Permadi selaku Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia mengatakan, “Dalam mendukung perwujudan komunitas digital ASEAN, Pemerintah Indonesia menekankan pada 4 aspek percepatan transformasi digital, mulai dari perencanaan strategis, konektivitas, pemanfaatan data, hingga kerja sama luar negeri.”

Dalam aspek pertama yaitu perencanaan strategis, Dedy mengatakan, kominfo telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024. Peta jalan yang telah disusun akan menjadi panduan guna mewujudkan transformasi digital yang merata, cepat, dan kuat.

Dedy mengatakan untuk aspek yang kedua yaitu konektivitas, pemerintah terus mendorong penyediaan konektivitas yang merata dan memadai. Tujuannya untuk menutup kesenjangan digital serta meningkatkan rasio keterhubungan internet antar wilayah.

Aspek ketiga yaitu pemanfaatan data, dalam aspek ini Dedy mengatakan bahwa selalu memperhatikan prinsip-prinsip kedaulatan data guna meningkatkan nilai dan pemanfaatan data dalam kehidupan sehari-hari.

Terakhir, aspek keempat yaitu kerja sama luar negeri, menurut Dedy, Pemerintah Indonesia sangat proaktif dalam mendukung berbagai kerangka kerja sama yang mendorong pelembagaan transformasi digital di kawasan Asia Tenggara.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dedy juga mengatakan, hal itu termasuk yang dilakukan oleh Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20 tahun ini dan keterlibatan Indonesia dalam menyusun ASEAN Leaders’ Statement on Digital Transformation.

Menurutnya, bukti nyata dari kontribusi Indonesia pada ASEAN adalah dukungan Indonesia dalam ASEAN Leaders’ Statement on Digital Transformation.

Sebagai penyelenggara Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun ini, Kominfo mengangkat tiga isu utama yaitu Konektivitas Digital dan Pemulihan Pascapandemi COVID-19, Literasi Digital dan Keterampilan Digital, serta Arus Data Lintas Negara dan Arus Bebas Data secara Terpercaya.

Dedy berharap fokus diskusi di DEWG G20 dapat berlanjut di forum pembahasan transformasi digital di level ASEAN, sehingga berdampak positif bagi komunitas digital ASEAN untuk seluruh kalangan. Tak terkecuali kaum muda.

Dea Amanda/Universitas Multimedia Nusantara

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2919993/kominfo-dukung-pengembangan-komunitas-digital-di-asean

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.