Sukses

Cek Fakta: Hoaks Mobil Esemka Bakal Ikut Formula E Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang menyebut mobil Esemka akan ikut dalam ajang balap Formula E Jakarta. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 24 Mei 2022.

Dalam postingannya terdapat gambar dengan tulisan "Mobil ESEMKA Kabarnya Akan Ikut Serta Dalam Ajang Bergengsi FORMULA E"

Akun itu juga menambahkan narasi "Seru.. Mobil tanpa awak akan ikut di formula E. Cebong jangan sampai ketinggalan nonton ya."

Lalu benarkah postingan yang menyebut mobil Esemka akan ikut dalam ajang balap Formula E Jakarta?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan tidak menemukan informasi yang valid terkait mobil Esemka akan ikut ajang balap Formula E Jakarta.

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com menemukan gambar yang identik dengan postingan. Gambar tersebut merupakan foto artikel dari INews.com dengan judul "Pembeli Tiket Formula E Jakarta Mayoritas dari Australia dan Jepang"

<p>Cek Fakta mobil Esemka ikut Formula E Jakarta.</p>

Artikel itu diposting dalam akun Facebook INews pada 20 Mei 2022 dengan narasi sebagai berikut:

"Pembeli tiket Formula E Jakarta yang akan diselenggarakan 4 Juni 2022 mayoritas warga negara asing (WNA).

Berdasarkan data panitia, warga negara Indonesia (WNI) yang membeli tiket Formula E hanya 21,2 persen, sedangkan WNA 78,8 persen.

Merujuk data, WNA yang terbanyak membeli tiket Formula E adalah WNA asal Australia dan Jepang dengan sebaran masing- masing 9,1 persen. Kemudian, diikuti WNA Filipina, India, Britania Raya, Amerika Serikat, dan Italia dengan masing 6,1 persen. Berikutnya, Malaysia, Argentina, Turki, Polandia, Norwegia, Tunisia, dan Guatemala masing-masing 3 persen.Dari keseluruhan kelas tiket yang dijual, Panitia Formula E mengatakan tiket untuk kelas VIP yang dijual seharga Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000 bahkan sudah habis terjual."

Sumber:

https://www.facebook.com/OfficialiNews/photos/a.226994507354908/5309423419111966/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut mobil Esemka akan ikut dalam ajang balap Formula E Jakarta adalah hoaks. Gambar dalam postingan tersebut telah disunting.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.