Sukses

Wamenag: Hoaks Bisa Timbulkan Perpecahan Antar Anak Bangsa

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi prihatin dengan maraknya hoaks yang muncul di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi prihatin dengan maraknya hoaks yang muncul di masyarakat. Ia berharap masyarakat lebih bijak dalam menerima informasi terutama dari media sosial.

Zainut menyampaikan keprihatinannya setelah banyak muncul hoaks terutama terkait dengan Pemerintah. Seperti hoaks terkait Wakil Presiden Ma'ruf Amin hingga Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Keduanya menjadi bahan hoaks dengan foto dan video bahkan judul artikel berita yang disebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

"Kelompok yang sengaja memviralkan berita bohong, hoaks, dan informasi palsu memiliki tujuan untuk memberikan citra buruk pada tokoh agama dan pejabat negara. Selain itu hoaks bisa membuat keresahan, kepanikan, kebencian, fitnah, adu domba, dan perpecahan di antara sesama anak bangsa," ujar Zainut dilansir laman Kemenag.

"Jangan cepat percaya pada berita, baik berita yang berupa foto, video atau pun konten narasi yang mengandung unsur provokatif, ujaran kebencian, adu domba, dan fitnah," katanya menambahkan.

"Kita harus bijak dan cerdas dalam menyaring setiap informasi. Kita harus saring sebelum sharing, agar kita tidak menjadi bagian dari orang yang menyebarkan fitnah dan kebencian."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.