Sukses

Cek Fakta: Benarkah Presiden Jokowi Beri Isyarat Mundur setelah Lebaran? Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) beri isyarat mudur setelah lebaran. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 29 April 2022.

Unggahan klaim Presiden Jokowi beri isyarat mudur setelah lebaran berupa tangkapan layar artikel, dalam tangkapan layar tersebut terdapat foto Presiden Jokowi, tanggal tayang 26 April 2022 dan kompas.

Selain itu terdapat tulisan sebagai berikut.

"Jokowi beri isyarat nempaknya akan mundur sehabis lebaran ini. Kegagalan membayar Utang dan Kemarahan rakyat akibat kabinet nya gagal kelola negara adalah faktor utamanya."

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Aminkan gaess ūü§≤"

Benarkah Presiden Jokowi beri isyarat mudur setelah lebaran? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Presiden Jokowi beri isyarat mudur setelah lebaran dengan mencari di indeks berita kompas.com dengan mencocokan tanggal peneribat artikel, namun tidak ditemukan artikel yang sama dalam situs berita tersebut.

Kemudian penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'jokowi beri isarat akan mundur setelah lebaran', tidak ada artikel berita yang menyebutkan informasi tentang Presiden Jokowi beri isyarat mudur setelah lebaran.

Penelusuran justru menemukan bantahan kompas.com dalam artikel berjudul "[HOAKS] Presiden Jokowi Mundur Sehabis Lebaran" yang dimuat pada 4 Mei 2022.

Artikel kompas.com menyebutkan, tangkapan layar artikel mencatut Kompas dan menyebutkan bahwa Jokowi akan mengundurkan diri usai Lebaran adalah hoaks. Berita dengan topik terkait tidak ditemukan di Kompas.com dan Kompas.id.

Sumber:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/04/162401282/hoaks-presiden-jokowi-mundur-sehabis-lebaran?page=all.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Presiden Jokowi beri isyarat mudur setelah lebaran tidak benar.

Tidak ada artikel berita yang menyebutkan informasi tentang Presiden Jokowi beri isyarat mudur setelah lebaran.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.