Sukses

Kemenag Terus Tingkatkan Kualitas Talenta dan Literasi Digital di Madrasah

Transformasi digital juga harus diterapkan di madrasah-madrasah untuk meningkatkan literasi dan menyiapkan talenta digital.

Liputan6.com, Jakarta - Transformasi digital juga harus diterapkan di madrasah-madrasah untuk meningkatkan literasi dan menyiapkan talenta digital. Hal ini diungkap Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

"Akselerasi transformasi digital harus secepatnya dilakukan di lingkup pendidikan madrasah di mana sejalan dengan salah satu program prioritas Kemenag," ujar Menteri Yaqut, Rabu (14/4/2022), seperti dikutip dari Antara.

Melalui program Madrasah Reform, diharapkan transformasi digital juga menjadi fokus utamanya. Hal ini didorong dengan upaya mempersiapkan talenta digital di kalangan madrasah.

Kementerian Agama (Kemenag) juga menginisiasi program Kick Off Implementasi Realizing Educations’s Promises – Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR Project 2022). Tujuan utama dari program tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah.

Menurut Menteri Yaqut, digitalisasi yang inklusif dapat meningkatkan tingkat literasi digital kelompok madrasah.

"Dengan membuat infrastruktur digital yang lebih kuat dan inklusif, dapat meningkatkan literasi digital bagi kalangan madrasah, bahkan berkontribusi bagi lahirnya talenta-talenta digital madrasah yang mumpuni," jelasnya.

Upaya Kemenag dalam meningkatkan kualitas talenta digital dan literasi digital kelompok madrasah, mendapat dukungan dari Direktur Pendidikan, Agama dan kebudayaan Bappenas, Amich Alhumami. Ia menilai upaya ini dapat memajukan kualitas pendidikan tingkat madrasah di Indonesia.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangkau 34 Provinsi

Lebih lanjut, Amich menganggap pendidikan madrasah akan mencapai puncak dan gemilang di masa-masa yang akan datang, dengan berfokus mengembalikan atau mengatasi kehilangan pembelajaran yang dirasakan seluruh peserta didik kita akibat pandemi.

Untuk diketahui, program REP-MEQR 2022 ini ditargetkan menjangkau 34 provinsi di Indonesia dengan 50.000 madrasah dan 300.000 guru, tenaga pendidik, dan manajemen tingkat pusat dan daerah.

Viona Pricilla/Universitas Multimedia Nusantara

Sumber: https://en.antaranews.com/news/224969/minister-seeks-acceleration-of-digital-transformation-in-madrasahs

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.