Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pesawat dalam Video Ini Sebar Chemtrails Penyebab ISPA

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Informasi tersebut diunggah salah satu pengguna Facebook, pada 12 Februari 2022.

Klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA menampilkan sebuah pesawat berwarna abu-abu pada badan pesawat terdapat pipa menyeprotkan air. Kemudian tayangan berikutnya memperlihatkan pesawat sedang terbang dan menyemprotkan sesuatu.

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Inilah biang penyebaran ISPA/Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Batuk, Flu, dsb), dan membentuk jalur asap di udara bebas yang dinamakan *_CHEMTRAILS_*. Semua sudah direncanakan & dirancang!"

Benarkah Klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA

Penelusruan mengarah pada artikel berjudul "The Military Is Poisoning America’s Groundwater A Photo Essay"  yang dimuat situs civilianexposure.org. Situs tersebut memuat rangkaian foto salah satunya identik dengan klaim. Foto tersebut dijadikan ilustrasi dalam artikel.

 

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA

Dari keterangan foto tersebut menyebutkan, teknisi melakukan pengujian pada Modular Airborne Fire Fighting System (MAFFS).

Penelusuran juga mengarah pada akun instagram @it4aero's, yang dimuat pada 18 Juni 2021, akun tersebut memuat video yang identik dengan klaim. Video tersebut diberi keterangan

"C-130 Hercules wow"Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA

Penelusuran dilanjutkan mengunakan Google Search dengan kata kunci 'C-130 Hercules fire fighting'. Penelusuran mengarah pada video berjudul "C-130 Modular Airborne Fire Fighting System Training (2018)"  yang diunggah akun YouTube terverifikasi AIRBOYD, pada 28 April 2018. Akun tersebut memuat cuplikan video pesawat sedang terbang dan menyemprotkan sesuatu.Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA

Akun akun YouTube AIRBOYD melalui keterangan video tersebut menyebutkan, Pesawat Hercules C-130 dilengkapi dengan USDA Forest Service MAFFS II yang mampu menjatuhkan 3.000 galon air atau fire retardant dalam 6 detik. Pesawat MAFFS diaktifkan untuk membantu kapal tanker USDA Forest service ketika aktivitas kebakaran tinggi.

Saat suhu memanas minggu ini di California utara, petugas pemadam kebakaran udara dari empat sayap angkut udara C-130 mengoperasikan U.S.D.A. Sistem Pemadam Kebakaran Lintas Udara Modular (MAFFS) dari Dinas Kehutanan memulai pelatihan selama seminggu di sini hari ini untuk mengantisipasi kebakaran musim panas.

Berbagai agen pemadam kebakaran, CalFire, dan empat sayap MAFFS militer berkumpul di Sacramento untuk sertifikasi ulang dan pelatihan MAFFS tahunan.

Pelatihan tahun ini, disponsori oleh U.S.D.A. Dinas Kehutanan di Pangkalan Reload McClellan di Sacramento, termasuk empat sayap pengangkutan udara militer yang membentuk Grup Ekspedisi Udara: tiga unit Garda Nasional Udara dari California, Nevada dan Wyoming, dan satu unit Cadangan Angkatan Udara AS dari Colorado..

Video oleh Staf Sersan. Nicole Wright 146 Airlift Wing, Urusan Publik, Pengawal Nasional Udara California

Penelusuran kembali dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'USDA Forest Service MAFFS II Video by Staff Sgt. Nicole Wright 146 Airlift Wing, Public Affairs, California Air National Guard'. Pencarian mengarah pada artikel berjudul "MAFFS Training 2018" yang dimuat situs dod.defense.gov, pada 26 April 2016.

Situs dod.defense.gov memuat cuplikan video yang identik dengan klaim, yaitu pesawat sedang terbang dan menyemprotkan sesuatu.

Cek Fakta Liputan6.com menelsuri klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA

Situs dod.defense.gov menyebutkan, berbagai agen pemadam kebakaran, CalFire, dan empat sayap MAFFS militer berkumpul di Sacramento untuk sertifikasi ulang dan pelatihan MAFFS tahunan. MAFFS adalah singkatan dari sistem pemadam kebakaran udara modular.Media lokal diundang untuk foto, video, dan kesempatan wawancara. Mereka harus melihat ke dalam pesawat MAFFS sementara awak pesawat mengisi bahan bakar dan mengisi tangki air.Pesawat hercules C-130 dilengkapi dengan USDA Forest Service MAFFS II yang mampu menjatuhkan 3.000 galon air atau fire retardant dalam 6 detik. Pesawat MAFFS diaktifkan untuk membantu kapal tanker USDA Forest service ketika aktivitas kebakaran tinggi.

 

Sumber:

https://www.civilianexposure.org/the-military-is-poisoning-americas-groundwater-a-photo-essay/

https://www.instagram.com/p/CQO9hMUhGEk/

https://dod.defense.gov/News/Special-Reports/Remembering-September-11th-2017/Videos/videoid/596924/dvpTag/nevada/

https://www.youtube.com/watch?v=N7YIPhOtvzM

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video pesawat sebar chemtrails penyebab ISPA tidak benar.

Video tersebut adalah Pesawat Hercules C-130 dilengkapi dengan USDA Forest Service MAFFS untuk menangani kebakaran hutan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.