Sukses

Waspada Konten Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Uang Catut Nama Artis

Liputan6.com, Jakarta - Konten hoaks tentang bagi-bagi hadiah uang dari artis kembali viral di media sosial. Hingga Jumat 21 Januari 2022, tercatat beberapa artis diklaim seakan-akan sedang membagikan hadiah lewat live di Facebook.

Misalnya saja klaim artis Ivan Gunawan bagi-bagi hadiah saat live di Facebook beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan salah satu akun Facebook yang mencatut nama Ivan Gunawan.

Akun tersebut menayangkan video siaran langsung atau live. Kemudian ditambahkan narasi bahwa Ivan Gunawan tengah membagikan hadiah ke penonton.

"🐘 🎀 𝐵𝒜𝒢𝐼 𝐵𝒜𝒢𝐼 𝑅𝐸𝒵𝐸𝒦𝐼 🎀 🐘

🔴Live -Sudah dimulai, saya akan mendonasikan lebih dari 30 juta untuk 300 orang pertama yang menebak dengan benar PERTANYAAN di gambar...?? Terimaksih Silahkan daftarkan diri anda pada tautan di bawah ini.Untuk mengambil hadiah anda.

👇👇👇https://bit.ly/3c9dd67," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 24 ribu kali ditonton dan mendapat 2.300 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, klaim tentang artis Ivan Gunawan membagikan hadiah uang saat live di Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Bagi-bagi hadiah mencatut nama Ivan Gunawan saat live di Facebook diduga modus penipuan.

Selain Ivan Gunawan, terdapat nama artis lain yang dicatut namanya untuk konten hoaks bagi-bagi hadiah. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 3 halaman

Hoaks Soimah Bagi-Bagi Uang Saat Live Facebook

Kabar tentang artis Soimah bagi-bagi hadiah berupa uang kembali beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook yang mencatut nama Soimah pada 20 Januari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berdurasi 8 jam. Dalam video tersebut, terlihat artis Soimah tengah menyantap hidangan sambil menyapa penggemarnya.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar Soimah membagikan uang tunai sebesar Rp 1 juta untuk 200 orang.

"Hallo semuanya

S͟a͟y͟a͟ ͟a͟k͟a͟n͟ ͟m͟e͟m͟b͟e͟r͟i͟k͟a͟n͟ ͟u͟a͟n͟g͟ ͟t͟u͟n͟a͟i͟ ͟R͟p͟ ͟ ͟1͟.͟0͟0͟0͟.͟0͟0͟0͟ ͟u͟n͟t͟u͟k͟ ͟200͟ ͟o͟r͟a͟n͟g͟ ͟p͟e͟r͟t͟a͟m͟a͟ ͟y͟a͟n͟g͟ ͟b͟e͟n͟a͟r͟-͟b͟e͟n͟a͟r͟ ͟m͟e͟n͟e͟b͟a͟k͟ ͟a͟n͟g͟k͟a͟ ͟d͟i͟ ͟g͟a͟m͟b͟a͟r͟," tulis akun Facebook tersebut.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 240 ribu kali ditonton dan mendapat 41 ribu komentar warganet.

Setelah ditelusuri, kabar tentang artis Soimah bagi-bagi hadiah berupa uang saat live di Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Soimah dalam unggahan di akun Instagramnya mengaku, tidak pernah membagikan uang saat live di Facebook.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.