Sukses

Cek Fakta: Muncul Lagi, Hoaks Soimah Bagi-Bagi Uang Saat Live Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang artis Soimah bagi-bagi hadiah berupa uang kembali beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook yang mencatut nama Soimah pada 20 Januari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berdurasi 8 jam. Dalam video tersebut, terlihat artis Soimah tengah menyantap hidangan sambil menyapa penggemarnya.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar Soimah membagikan uang tunai sebesar Rp 1 juta untuk 200 orang.

"Hallo semuanya

S͟a͟y͟a͟ ͟a͟k͟a͟n͟ ͟m͟e͟m͟b͟e͟r͟i͟k͟a͟n͟ ͟u͟a͟n͟g͟ ͟t͟u͟n͟a͟i͟ ͟R͟p͟ ͟ ͟1͟.͟0͟0͟0͟.͟0͟0͟0͟ ͟u͟n͟t͟u͟k͟ ͟200͟ ͟o͟r͟a͟n͟g͟ ͟p͟e͟r͟t͟a͟m͟a͟ ͟y͟a͟n͟g͟ ͟b͟e͟n͟a͟r͟-͟b͟e͟n͟a͟r͟ ͟m͟e͟n͟e͟b͟a͟k͟ ͟a͟n͟g͟k͟a͟ ͟d͟i͟ ͟g͟a͟m͟b͟a͟r͟," tulis akun Facebook tersebut.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 240 ribu kali ditonton dan mendapat 41 ribu komentar warganet.

Benarkah Soimah bagi-bagi uang saat live di Facebook? Berikut penelusurannnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusui kabar tentang artis Soimah bagi-bagi hadiah berupa uang saat live di Facebook. Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram yang dikelola Soimah, @showimah.

Dalam salah satu unggahannya, Soimah memastikan tidak pernah membagikan hadiah berupa uang saat live di Facebook. Ia pun menyebut, akun Facebook yang mencatut namanya merupakan modus penipuan.

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @showimah

"Halo gaes, jangan mudah percaya kalo ada akun abal2 yg meng atas namakan saya, sy gak pernah bikin2 give away apalagi yg katanya live, kebetulan saudara sy dan teman sy iseng2 mantau dan kroscek ke saya,🤣🤣🤣 heii ... akun g*bl*k, jgn menjadi penipu pake nama orang ya, nanti kamu bakalan kena karma di tipu sama orang lho, untuk teman2 yg budiman sekali jgn pernah percaya, seumur hidup sy gak pernah bikin2 gituan di media manapun, jd kalo ada akun atas nama sy bikin give away, itu jelas palsuuu, karna sy sdh meng informasikan ini, jadi kalo ada apa2 tanggung sendiri resikonya ya🙏," tulis akun Instagram @showimah pada 28 Desember 2020 lalu.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CJVMGCwrpwC/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang artis Soimah bagi-bagi hadiah berupa uang saat live di Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Soimah dalam unggahan di akun Instagramnya mengaku, tidak pernah membagikan uang saat live di Facebook.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.