Sukses

Wali Kota Bitung Ajak Warga Tak Terpengaruh Hoaks Vaksin COVID-19

Warga diimbau mengikuti program vaksinasi COVID-19 booster guna mencegah penularan virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara, Maurits Mantiri mengimbau, warganya untuk tidak terpengaruh informasi palsu atau hoaks tentang vaksin COVID-19. Ia pun meminta, warga mengikuti program vaksinasi penguat guna mencegah penularan virus corona.

"Jangan ragu, jangan takut dan jangan mendengar hoaks tentang vaksinasi karena ini aman dan negara menjamin itu," kata Maurits dikutip dari Antara, Sabtu (15/1/2022).

Ia mengatakan, negara menjamin keamanan vaksin itu sehingga vaksinasi dosis ketiga atau penguat diberlakukan secara gratis untuk masyarakat.

"Untuk itu kita harus benar-benar memanfaatkannya," kata Maurits.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut telah meluncurkan vaksinasi dosis ketiga bagi masyarakat umum pada Kamis 13 Januari 2022

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw mengatakan, kelompok penerima vaksin penguat adalah orang dewasa yang berusia minimal 18 tahun dan telah menerima dosis kedua minimal enam bulan sebelumnya.

Ia menjelaskan, booster vaksin bagi lansia dapat dilaksanakan oleh seluruh warga di kabupaten dan kota di Sulut, sedangkan vaksinasi penguat bagi nonlansia di 10 kabupaten dan kota yang telah memenuhi syarat dari Kementerian Kesehatan.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.