Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pandemi Covid-19 Diperagakan pada Seremonial Pembukaan Pertandingan Sepak Bola Barcelona 1992

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim seremonial pembukaan pertandingan sepak bola di Bacelona 1992 memperagakan pandemi Covid-19. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Desember 2021.

Klaim video seremonial pembukaan pertandingan sepak bola di Bacelona 1992 memperagakan pandemi Covid-19 menampilkan rangkaian pawai sejumlah orang mengenakan kostum di tengah lapangan, pada setiap cuplikannya digambar bentuk Covid-19 dan suntikan.

Informasi tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Upacara pembukaan pertandingan sepak bola Barcelona 1992 mereka mendemontrasikan pandamic,hydra rise dan pesawat luar angkasa alien"

Benarkah seremonial pembukaan pertandingan sepak bola di Bacelona 1992 memperagakan pandemi Covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim seremonial pembukaan pertandingan sepak bola di Bacelona 1992 memperagakan pandemi Covid-19, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video seremonial pembukaan pertandingan sepak bola di Bacelona

 

Penelusuran mengarah pada situs berbagi video vk.com, pade 2 Mei 2021. Situs tersebut memuat video yang identik dengan klaim diberi judul "Это Олимпийские игры в Барселоне 1992, церемония открытия" jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah "Ini adalah upacara pembukaan Olimpiade Barcelona 1992".

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video seremonial pembukaan pertandingan sepak bola di Bacelona

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'This is the opening ceremony of the 1992 Barcelona Olympics pandemic demonstration'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "The Olympic Games of 1992 have no relation to COVID-19 as one video points out" yang dimuat situs boliviaverifica.bo pada 11 Agustus 2021. Situs tersebut mengulas tentang klaim video yang sama.

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video seremonial pembukaan pertandingan sepak bola di Bacelona

Situs boliviaverifica.bo menyebutkan, dalam tesis doktoral berjudul "Komunikasi ritual. Kasus upacara pembukaan Olimpiade Barcelona 92" yang disusun oleh Marta Ribot Blázquez dari Fakultas Komunikasi dan Hubungan Internasional Blanquerna Universitat Ramon Llull de Barcelona, ​​menjelaskan sebagai berikut:

“Sebuah batangan logam jatuh ke laut, di dalamnya muncul sebuah kapal dengan orang-orang yang bersedia berlayar, pengembara yang menuju ke tujuan mereka dan yang secara bertahap berkembang. Kapal dalam perjalanan dengan kokoh, harmoni, didukung oleh kelompok manusia, budaya dan teknologi, semua dilindungi oleh semangat Hercules.

tetapi, di tengah perjalanan, dewa Neptunus tidak memfasilitasi navigasi dan monster yang sangat besar serta kejahatan yang kuat menempatkan kapal dalam bahaya. Orang-orang melawan kejahatan tetapi, kalah dalam pertempuran, perahu terbelah menjadi tiga bagian, yang selamat meminta bantuan para dewa dan Hercules mendengar panggilan mereka, dengan sinar bercahaya itu membimbing mereka ke tempat yang aman dan ketenangan kembali ke laut”.

Ribot memastikan bahwa pementasan tersebut mewakili kelahiran Barcelona dan itu terkait erat dengan budaya wilayah Catalan. Tak satu pun dari 327 halaman karya akademis yang dijelaskan menunjukkan bahwa upacara pembukaan Olimpiade 1992 ada hubungannya dengan pandemi.

 

Sumber:

https://boliviaverifica.bo/en/los-juegos-olimpicos-de-1992-no-tienen-relacion-con-la-covid-19-como-senala-un-video/

https://www.tdx.cat/bitstream/handle/10803/667339/Tesi_Marta_Ribot.pdf?sequence=2&isAllowed=y

https://vk.com/video169184776_456242462

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim seremonial pembukaan pertandingan sepak bola di Bacelona 1992 memperagakan pandemi Covid-19 tidak benar

Seremonial pementasan pembukaan Olimpiade Barcelona 92 tersebut mewakili kelahiran Barcelona dan itu terkait erat dengan budaya wilayah Catalan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.