Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Uang Koin Bisa Menempel Pada Lengan Anak yang Sudah Vaksin

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang menyebut uang koin logam bisa menempel pada lengan anak setelah divaksin. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun mengunggahnya di Facebook. Dia mempostingnya pada 23 Desember 2021.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi satu menit yang berisi seorang anak sedang ditempel uang logam pada bagian lengannya. Di dalam video juga terdapat suara seorang pria yang mengatakan:

"Ini sebagai bukti anak saya disuntik vaksin, dia nempel koin"

Postingan itu sudah dilihat lebih dari 129 kali dan mendapat 29 komentar.

Lalu benarkah uang koin bisa menempel pada lengan anak yang sudah divaksin?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan penjelasan dari Jubir Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmidzi dalam artikel berjudul "Kemenkes Jawab Video Hoaks Vaksin Covid-19 Mengandung Magnet" yang tayang pada 30 Mei 2021.

"Vaksin mengandung bahan aktif dan nonaktif, dimana bahan aktif berisi antigen dan bahan nonaktif berisi zat untuk menstabilkan, menjaga kualitas vaksin agar saat disuntikkan masih baik," ujar dr. Nadia.

"Adapun jumlah cairan yang disuntikan hanya 0,5 cc dan akan segera menyebar di seluruh jaringan sekitar, sehingga tidak ada cairan yg tersisa," katanya menambahkan.

Ia juga menjelaskan uang koin logam yang menempel pada lengan seseorang bukan karena adanya magnet setelah divaksin.

"Sebuah logam dapat menempel di permukaan kulit yang lembab biasanya disebabkan keringat," ujarnya.

Selain itu terdapat penjelasan dari Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro. Ia menjelaskan lubang jarum suntik sangat kecil, tidak ada partikel magnetik yang bisa melewati.

"Vaksin berisi protein, garam, lipid, pelarut, dan tidak mengandung logam. Jadi perlu dijelaskan bahwa berita itu hoaks," ujarnya.

Sumber:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4569763/kemenkes-jawab-video-hoaks-vaksin-covid-19-mengandung-magnet

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang mengklaim uang koin bisa menempel pada lengan anak yang sudah divaksin adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.