Sukses

Simak Hoaks Terkini Seputar Covid-19, dari Virus Sudah Hilang sampai Omicron

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar Covid-19 masih beredar di tengah pandemi yang melandai, berdasarkan catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), hingga Rabu (15/12/2021) temuan informasi palsu seputar penyakit tersbut sebanyak 2.032 unggahan.

Cek Fakta Liputan6.com telah mengelusuri sejumlah informasi tentang Covid-19, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar Covid-19:

1. Virus Corona COVID-19 Sudah Hilang di Cianjur

Kabar tentang virus corona COVID-19 sudah hilang di Cianjur, Jawa Barat beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Desember 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi suasana di salah satu pusat perbelanjaan. Banyak warga yang memenuhi tempat tersebut. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan sudah hilangnya COVID-19 di Cianjur, Jawa Barat.

"Covid sudah hilang d bumi cianjur. Hayu giatkna lagi usaha kita," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 12 kali dibagikan dan mendapat 14 komentar warganet.

Benarkah virus corona COVID-19 sudah hilang di Cianjur, Jawa Barat? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

2. Varian Omicron Berhubungan dengan Film Komedi Fiksi Ilmiah Italia Tahun 1963

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim varian baru Covid-19 Omicron berhubungan dengan film komedi fiksi ilmiah Italia tahun 1963. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 1 Desember 2021.

Berikut klaim varian baru Covid-19 Omicron sudah berhubungan dengan film komedi-fiksi ilmiah Italia tahun 1963:

"OMICRON adalah Anagram dari kata "MORONIC" yang artinya ( Tolol ato Bodoh)

Jadi kesimpulannya seberapa TOLOL dan BODOH anda dibohongi oleh varian dengan kata "OMICRON" ? Wkwkwk....😂😅

Film tahun 1963: Menceritakan tentang Sebuah parasit alien mengambil alih tubuh Earthman untuk belajar tentang planet sehingga rasnya dapat mengambil alih. Omicron adalah sebuah film komedi-fiksi ilmiah Italia tahun 1963 yang disutradarai oleh Ugo Gregoretti..

Film tersebut memasuki kompetisi di Festival Film Internasional Venesia ke-24..

Seperti menjadi jelas, kita hidup di alam semesta Quantum, di mana tidak ada kebetulan, hanya sinkronisitas. .

Tanggal rilis awal: 3 September 1963

Sutradara: Ugo Gregoretti 

Produser: Franco Cristaldi

Skenario: Ugo Gregoretti. .

Dan di abad ini.. Omicron adalah jenis varian baru dari koped i9.

Apakah ini suatu Kebetulan...?"

Benarkah klaim varian baru Covid-19 Omicron berhubungan dengan film komedi fiksi ilmiah Italia tahun 1963? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.