Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Virus Corona COVID-19 Sudah Hilang di Cianjur

Beredar kabar tentang virus corona COVID-19 sudah hilang di Cianjur, Jawa Barat. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang virus corona COVID-19 sudah hilang di Cianjur, Jawa Barat beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Desember 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi suasana di salah satu pusat perbelanjaan. Banyak warga yang memenuhi tempat tersebut. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan sudah hilangnya COVID-19 di Cianjur, Jawa Barat.

"Covid sudah hilang d bumi cianjur. Hayu giatkna lagi usaha kita," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 12 kali dibagikan dan mendapat 14 komentar warganet.

Benarkah virus corona COVID-19 sudah hilang di Cianjur, Jawa Barat? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar virus corona COVID-19 sudah hilang di Cianjur, Jawa Barat. Penelusuran dilakukan dengan mengakses situs covid19.cianjurkab.go.id.

Gambar Tangkapan Layar Data dari Situs covid19.cianjurkab.go.id.

Situs tersebut memuat data dan informasi mengenai kasus suspek di Kabupaten Cianjur. Dalam situs tersebut tertulis bahwa jumlah kasus positif per Kamis 16 Desember 2021 terkonfirmasi COVID-19 berjumlah dua orang.

Sedangkan jumlah pasien sembuh mencapai 10.697 dan meninggal dunia 201 orang. Jumlah kontak erat di Cianjur yang masih dalam proses adalah 500 orang. Sedangkan total kontak erat ada 3.902 orang.

Sementara, jumlah suspek yang masih dalam proses adalah 192 orang. Sedangkan totalnya ada 3.299 orang.

Kemudian, jumlah kasus probable yaitu 130 orang. Sedangkan yang masih dalam proses ada 7 orang.

 

Referensi:

https://covid19.cianjurkab.go.id/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang virus corona COVID-19 sudah hilang di Cianjur, Jawa Barat ternyata tidak benar. Faktanya, berdasarkan data dan informasi di situs resmi, masih terdapat kasus aktif di Kabupaten Cianjur.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.