Sukses

Kumpulan Hoaks Terkini Seputar Gubernur, dari Anies Baswedan sampai Ganjar Pranowo

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah nama gubernur kerap dijadikan sasaran hoaks, informasi yang disajikan pun beragam dan bisa menyesatkan jikan kita tidak jeli memastikan kebenaranya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi gubernur yang beredar di media sosial, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut daftar gubernur yang menjadi sasaran hoaks:

 

1. Video Perahu Anies Baswedan Terguling 

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video perahu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terguling saat membersihkan sampah di sungai, video tersebut tersebar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim video perahu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terguling saat membersihkan sampahyang dibagikan menampilkan sejumlah orang menaiki perahu kemudian perahu tersebut tenggelam.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Anis baswedan bersihkan sampah terguling perahunya"

Benarkah video perahu Anies Baswedan terguling saat membersihkan sampah? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

2. Ridwan Kamil Menari Rayakan Jabar Juara PON XX Melanggar Protokol Kesehatan

Beredar di media sosial postingan video Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil yang ditampilkan sedang menari merayakan pesta kemenangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tetapi tidak

menjalankan protokol kesehatan. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.  

Salah satu yang mempostingnya berada di Tiktok pada 15 Oktober 2021. Postingan tersebut menayangkan video Ridwan Kamil sedang menari diiringi dalam kerumunan tanpa prokes.

Dalam video tersebut juga tampak wajah eks Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama yang juga sedang menari bersamanya.

Tayangan video tersebut juga menampilkan tayangan gambar poster kemenangan umum Jabar di PON XX Papua, jumlah perolehan medali, dan beberapa poster yang berhubungan dengan PON Papua.

Dalam tayangan video tersebut disertai keterangan:

“JABARJUARAA🔥🔥🔥”

Lalu benarkah postingan video Ridwan Kamil merayakan pesta kemenangan Jabar dalam PON Papua XX menari dalam kerumunan tanpa menjalankan prokes? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

3. Video Jokowi Hadiri Deklarasi Ganjar Pranowo

Sebuah video yang diklaim Presiden Jokowi menghadiri deklarasi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 25 Agustus 2021.

Pada sampul video tersebut, terlihat Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdiri berdampingan, dengan masing-masing menggunakan pakaian putih di atas panggung.

Pada sampul video tersebut, terlihat Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdiri berdampingan, dengan masing-masing menggunakan pakaian putih di atas panggung.

"Berita Terkini ~ Deklarasi Ganjar Pranowo Dihadiri Langsung Oleh Jokowi, Megawati Mendadak Bungkam!!" tulis akun Facebook tersebut.

Hingga 6 September 2021, video tersebut telah 35 kali ditonton dan mendapat beberapa respons dari warganet.

Benarkah dalam video itu Jokowi menghadiri deklarasi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden? Simak hasil penelusuran berikut ini.

 

4. Video Ini Anies Test Drive Sirkuit Monas

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang test drive Sirkuit Monas. Klaim tersebut berupa video yang diunggah salah satu aku Facebook, pada 13 November 2021.

Klaim video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang test drive Sirkuit Monas yang diunggah menampilkan Anies Baswedan sedang mengendari motor besar kemudian terjatuh.

Pada video terdapat tulisan "Anies Juga ga Kalah Tes Drive Sirkuit Monas"

Unggah tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Got Father Ga Mau Kalah dengan Presiden Joko Widodo !! Pasang aksi Berlaga Prof Naek Moge‼️🤡🤡 Boro Boro bisa finish Jajal Lintasan Tempat Suci Kaumya disepanjang jalan bundaran Monas!! Satu Kali Gass!! GASS POOL Rem Blong Auto Tepar🤡🤡⁉️‼️Ne orang mau ngapain aja ga pernah bawa berkah kalau ga bikin masalah ya bawa musibah✍🏻‼️🤡"

Benarkah klaim video Anies Baswedan sedang test drive Sirkuit Monas? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.