Sukses

Cek Fakta: Hoaks Ridwan Kamil Menari Rayakan Jabar Juara PON XX Melanggar Protokol Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil yang ditampilkan sedang menari merayakan pesta kemenangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tetapi tidak menjalankan protokol kesehatan. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.  

Salah satu yang mempostingnya berada di Tiktok pada 15 Oktober 2021. Postingan tersebut menayangkan video Ridwan Kamil sedang menari diiringi dalam kerumunan tanpa prokes.

Dalam video tersebut juga tampak wajah eks Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama yang juga sedang menari bersamanya.

Tayangan video tersebut juga menampilkan tayangan gambar poster kemenangan umum Jabar di PON XX Papua, jumlah perolehan medali, dan beberapa poster yang berhubungan dengan PON Papua.

Dalam tayangan video tersebut disertai keterangan:

“JABARJUARAA🔥🔥🔥”

Lalu benarkah postingan video Ridwan Kamil merayakan pesta kemenangan Jabar dalam PON Papua XX menari dalam kerumunan tanpa menjalankan prokes?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun sosial media Instagram dan Facebook, Ridwan Kamil, @ridwankamil yang telah bercentang biru atau terverifikasi. Ridwan Kamil memberikan bantahannya terhadap postingan tersebut.

Dalam postingannya, Ridwan Kamil menjelaskan video tersebut bukanlah video saat dirinya menari untuk merayakan kemenangan Jabar di PON Papua XX. Namun video tersebut saat dirinya menghadiri acara keberagaman Cap Go Meh Kota Bogor.

Video tersebut juga direkam sebelum terjadinya pandemi covid1-19 tahun lalu. Berikut isi postingan Ridwan Kamil selengkapnya:

“HOAX/DISINFORMASI

Beredar di WAG, seolah ada pesta kemenangan #JabarJuara PON Papua tanpa prokes dalam bentuk tarian dan kerumunan.

Video ini sebenarnya tarian saat merayakan keberagaman Cap Go Meh di Kota Bogor sebelum pandemi covid. Terlihat bersemangat kang @wishnutama. Hatur Nuhun.”

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CVXOq-WlwXa/

https://fb.watch/8RUUeT44ZQ/

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video Ridwan Kamil merayakan pesta kemenangan Jabar dalam PON Papua XX menari dalam kerumunan tanpa menjalankan prokes adalah tidak benar.

(Penulis: Azarine Jovita Halim)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.