Sukses

Menkominfo Minta Masyarakat Setop Sebar Hoaks COVID-19 di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta, masyarakat menghentikan produksi hingga menyebarkan informasi hoaks mengenai COVID-19.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia bisa berjalan optimal sejalan dengan program- program pemerintah.

"Usaha untuk membersihkan hoaks tentang COVID-19 ini harus diimbangi dengan pemahaman masyarakat yang lebih baik. Ini dibutuhkan usaha pencegahan, preventif dari masyarakat dengan tidak lagi memproduksi dan tidak menyebarkan hoaks," ungkap Johnny dikutip dari Antara, Selasa (30/11/2021).

Johnny menyebut, pihaknya rutin melakukan patroli siber di ruang digital Indonesia untuk memburu dan menghentikan penyebaran informasi hoaks yang bertebaran di tengah masyarakat termasuk hoaks mengenai COVID-19.

Namun, jika konten hoaks terus diproduksi, maka patroli siber untuk menghentikan distribusi hoaks tentu tidak akan efektif menangkal dampaknya pada masyarakat dalam jangka panjang.

"Kalau kita diminta untuk terus membersihkan hoaks, tapi masyarakat terus menyebarkan hoaks tentu enggak akan habis- habis ya (penyebarannya). Maka dari itu, terkait COVID-19 soal penanganan, vaksinasi, hingga PPKM, kita minta stop hoaks supaya kita lebih kuat untuk menangani pandemi COVID-19 ini," ucap Johnny.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.