Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Petugas Menyiram Tanaman Saat Banjir di Jakarta

Beredar sebuah foto yang diklaim seorang petugas tengah menyiram tanaman saat banjir di Jakarta. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim seorang petugas tengah menyiram tanaman saat banjir di Jakarta beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 10 November 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar tangkapan layar cuitan dari warganet. Warganet tersebut menampilkan foto seorang petugas yang tengah menyiramkan tanaman dari atas truk tangki saat hujan.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan informasi bahwa petugas tersebut menyiram tanaman saat Jakarta dilanda banjir.

"Lg hujan deras sampai banjir gini menyiram tanaman, ini ilmu apa pak? @aniesbaswedan"

"Sableng bersama gabener Jakarta..." tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah empat kali direspons warganet.

Lalu, benarkah informasi tersebut? Berikut penelusurannya.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri mengenai informasi tersebut menggunakan Google Images dan menemukan artikel dengan judul "Foto Petugas Siram Taman Saat Hujan Dihujat Netizen, Begini Klarifikasi Disperkim Kota Malang" yang dimuat situs malangtimes.com pada 18 November 2018.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs malangtimes.com.

MALANGTIMES - Sebuah foto petugas Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Malang yang tengah menyiram tanaman saat hujan deras beredar di media sosial. Sebagian besar warganet pun mempertanyakan aksi yang ada dalam foto tersebut.

Dalam foto tersebut terlihat seorang petugas menyiram air dengan debit lumayan besar pada area taman yang ada di median jalan kawasan Jl Veteran yang tepat berada di depan pintu masuk Universitas Brawijaya (UB) Malang. Sementara kondisi saat itu hujan sedang deras-derasnya.

"Seberapa greget kamu? Saya udan udan (hujan-hujan, red) menyirami tanaman, malang keras lur (emoji tertawa)," tulis pemilik akun devinamaulidya dalam insta story yang ia unggah pada Rabu (28/12/2018) sekitar pukul 14.00 WIB dengan disertai foto petugas yang tampak tengah menyiram taman tersebut.

Tak hanya itu, foto tersebut juga ramai diperbincangkan di berbagai grup percakapan pesan singkat WhatsApp. Sebagian melontarkan komentar pedas terkait aksi yang ada di dalam foto tersebut.

"Ini contoh kongkrit. Barusan terjadi. Lah sudah tahu hujan, kok masih disirami. Ini sepertinya persoalan sepele. Tapi justru membuktikan kualitas SDM dan kinerja Pemkot Malang yang masih lucu. Sia-sia sepertinya tampak sudah bekerja. Tapi mubadzir. Nah, janga sampai hal-hal seperti ini juga terjadi pada pejabat-pejabat yang mengambil kebijakan. Tampaknya seolah-olah sudah bekerja keras. Tapi hasilnya malah sia-sia belaka," tulis anggota sebuah grup komunikasi bernama Wahyu Eko S.

Unggahan itu pun mendapat beragam komentar dari anggota grup komunikasi tersebut.

"Kalo ini mah kelewatan. Kelewatan rajinnya. Kelewatan (maaf) gebleknya," timpal Eko Yulianto.

Menanggapi itu, Plt Kepala Disperkim Kota Malang Diah Kusumadewi menyampaikan, petugas yang tampak menyiram air ke taman itu sebenarnya tengah menguras air yang ada di dalam kolam median jalan veteran. Selanjutnya kembali mengisi kolam yang sebelumnya telah dikuras saat hujan belum deras.

"Ini akan menjadi bahan evaluasi kami agar teman-teman di lapangan lebih efisien. Kami mohon maaf kepada masyarakat yang merasa terganggu," jelasnya pada MalangTIMES.

Ke depan, ia berjanji untuk terus memberi pendampingan kepada para petugas di lapangan. Salah satunya terkait efisiensi penggunaan air saat akan menyiram tanaman.

Karena itu merupakan sebuah rutinitas, ia pun meminta maaf kepada masyarakat jika masih ada kendala teknis yang terjadi di lapangan.

 

 

Referensi:

https://www.malangtimes.com/baca/33631/20181128/182100/foto-petugas-siram-taman-saat-hujan-dihujat-netizen-begini-klarifikasi-disperkim-kota-malang

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim petugas menyiram tanaman saat banjir di Jakarta ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut bukan terjadi di Jakarta, melainkan di kota Malang, Jawa Timur pada 2018 lalu.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.