Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Vaksin Covid-19 Sebabkan Darah Kental dan Memperpendek Umur

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang vaksin Covid-19 dapat menyebabkan darah kental dan memperpendek umur beredar di media sosial. Klaim tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi WhatsApp pada 7 Oktober 2021.

Dalam pesan tersebut menampilkan foto dua kantong darah. Kantong pertama tertulis sebagai darah yang belum divaksin dan kantong kedua diklaim darah yang sudah divaksin.

"Mohon ma'af sebelumnya, Saya hanya sampaikan ala adanya bukan menakut nakin... Dampak nya vaksin akan menjadi kental "DARAH" menyebabkan mudah datang penyakit dan perpendek masa umur," demikian narasi dalam pesan tersebut.

Benarkah vaksin Covid-19 dapat menyebabkan darah menjadi kental dan memperpendek umur? Berikut penelusurannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim vaksin Covid-19 dapat menyebabkan darah kental dan memperpendek umur. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi.

Menurut Nadia, informasi tentang vaksin virus corona Covid-19 dapat menyebabkan darah menjadi kental tidak benar.

"Itu tidak benar. Salah satu efek samping, ada yang menyebabkan pengentalan darah tapi bukan darahnya menjadi kental seperti postingan tersebut. Permasalahan pengentalan darah pada vaksinasi sangat jarang terjadi," kata Nadia kepada Liputan6.com, Kamis (7/10/2021).

Nadia juga membantah klaim yang menyebut vaksin Covid-19 dapat memperpendek usia seseorang.

"Itu tidak benar ya," ucap Nadia.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang vaksin Covid-19 dapat menyebabkan darah menjadi kental dan memperpendek umur ternyata tidak benar. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.