Sukses

3 Hoaks Seputar Mike Tyson, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Mike Tyson merupakan petinju legendaris dunia. Sayangnya ketenaran dan popularitas Mike Tyson kerap dimanfaatkan oleh para pembuat hoaks.

Lalu apa saja hoaks terkait Mike Tyson? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Di Video Ini Mike Tyson Bukan Salat Berjamaah di Kafe Anti-Islam

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah unggahan di Facebook dalam bentuk video yang menyebut legenda tinju, Mike Tyson sedang melaksanakan salat di sebuah kafe anti-orang Islam.

Akun yang mengunggah video Mike Tyson sedang salat di kafe anti-orang Islam adalah Videi Lucu nya unik pada Selasa (20/10/2020). Begini narasi yang dia buat:

"Pemilik caffee di tegah kota Los Ageles menuliskan di depan pintu Caffee nya kalau orang muslim dilarang masuk.

Tapi ketiga Orang muslim ini tak peduli mereka masuk ke dlm Caffee tidak membeli apa apa tapi langsung meletak kan sajadah dan langsung sholat pemilik Caffee ,securities dan pegawainya hanya terdiam dan tak bisa berbuat apa apa cuma bisa menyaksikan tanpa mengeluarkan kata kata, mereka terlalu takut untuk membuka mulutnya.

Ketiga orang itu adalah :

Mantan juara tinju kelas berat dunia yg sangat tersohor *Mike Tyson* dan present word Boxing champion *Swede Bado Jack* dan the imam present world kick boxing campion *Aamar Abddallah*"

Lalu benarkah video yang mengatakan Mike Tyson sedang melaksanakan salat di sebuah kafe anti-orang Islam? Simak dalam artikel berikut ini...

 

2 dari 5 halaman

2. Cek Fakta: Hoaks Foto Mike Tyson Pakai Kaos Bertuliskan Anti-Vaksin

Beredar di media sosial postingan foto Mike Tyson yang memakai kaos anti-vaksin. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama Marcelo Fernando. Dia mengunggahnya di Facebook pada 6 Juli 2021.

Dalam postingannya terdapat foto Mike Tyson dengan kaos bertuliskan "Trust In God Not Vaccines" atau dalam Bahasa Indonesia "Percayakan pada Tuhan bukan Vaksin".

Selain itu dalam foto juga terdapat narasi "Former champion boxer Mike Tyson sends the message "i believe in God Not Vaccines" with a shirt he wears" atau dalam Bahasa Indonesia "Mantan Juara Dunia Tinju Mike Tyson kirim pesan "Saya percaya Tuhan Bukan Vaksin" dalam kaos yang dipakainya"

Lalu benarkah postingan foto Mike Tyson memakai kaos anti-vaksin? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 5 halaman

3. Cek Fakta: Hoaks Mike Tyson Siap Bayar Rp 141 Miliar untuk Pria yang Menikahi Putrinya

Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan di Facebook yang menyebut legenda tinju dunia, Mike Tyson siap memberi uang hingga 10 juta dolar Amerika Serikat (Rp 141 miliar) kepada pria yang bersedia menikahi putrinya, Mitchell.

Disebutkan dalam akun Facebook atas nama Proudly_9ja_Zone kalau Mike Tyson frustrasi karena Mitchell belum mendapatkan pria, baik untuk menjadi pacar ataupun suami. Akun itu juga menyebut Mitchell sebagai Mike Tyson dalam wujud wanita.

Begini narasinya yang mencatut nama Mike Tyson:

"Petinju Mike Tyson Siap Bayar $ 10 Juta Dolar Kepada Setiap Pria yang Menikahi Putrinya.

Tyson, yang dibesarkan di daerah kumuh, suka berkelahi sejak kecil. Dia keluar dari sekolah menengah untuk berpartisipasi dalam beberapa pertandingan tinju yang relatif kecil. Kemudian, ia mendapat bantuan dari para pejabat.

Setelah menjadi terkenal, Tyson disukai oleh banyak wanita cantik, dengan tiga pernikahan dan banyak anak sendiri. Di antara mereka, Mitchell adalah putri sulungnya. Putri tertua sudah mencapai usia pernikahan, dan pernikahan selalu menjadi perhatian Tyson.

Untuk menemukan kekasihnya, Tyson mengajukan 10 juta dolar untuk pernikahan putrinya. Selama pria itu menikahi putrinya, ia bisa mengambil 10 juta dolar.Ternyata Mitchell dalam foto mewarisi ciri khas ayahnya. Kulitnya gelap, badannya gede banget, beratnya 150 kg, kayak tyson versi cewek. Setelah melihat foto-foto anak Tyson, Anda juga dapat memahami mengapa netizen memiliki reaksi seperti itu. Lagipula, kebanyakan orang suka menikahi istri yang lebih kecil daripada dirinya sendiri."

Lalu, benarkah postingan yang mencatut nama Mike Tyson itu? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini