Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Mike Tyson Pakai Kaos Bertuliskan Anti-Vaksin

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto Mike Tyson yang memakai kaos anti-vaksin. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama Marcelo Fernando. Dia mengunggahnya di Facebook pada 6 Juli 2021.

Dalam postingannya terdapat foto Mike Tyson dengan kaos bertuliskan "Trust In God Not Vaccines" atau dalam Bahasa Indonesia "Percayakan pada Tuhan bukan Vaksin".

Selain itu dalam foto juga terdapat narasi "Former champion boxer Mike Tyson sends the message "i believe in God Not Vaccines" with a shirt he wears" atau dalam Bahasa Indonesia "Mantan Juara Dunia Tinju Mike Tyson kirim pesan "Saya percaya Tuhan Bukan Vaksin" dalam kaos yang dipakainya"

Lalu benarkah postingan foto Mike Tyson memakai kaos anti-vaksin?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto identik di akun Instagram Mike Tyson yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Postingan foto tersebut diunggah Mike Tyson pada 24 November 2020. Namun dalam unggahan tersebut Tyson tidak menggunakan kaos bertuliskan anti vaksin seperti yang tersebar di media sosial.

Cek Fakta Mike Tyson  memakai kaos anti-vaksin.

Ada empat foto yang diunggah Mike Tyson di postingan tersebut. Masing-masing bertuliskan Tyson, gambar Tyson di atas ring dengan tulisan Immortal, gambar Tyson di atas ring dengan tulisan Tyson dan kaos dengan tulisan Brownsville.

Selain itu dalam postingan juga terdapat narasi:

"We’ve added new tee styles, hoodies, hats, and face coverings to the official Mike Tyson Collection. Click the link in bio and shop all of the new MTC gear"

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mike Tyson (@miketyson)

Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel dari USAtoday.com berjudul "Fact check: An altered photo shows Mike Tyson wearing an anti-vaccination T-shirt" yang tayang 30 Juni 2021.

Dalam artikel tersebut terdapat bantahan dari Jo Mignano, juru bicara Mike Tyson. Dia menyebut foto tersebut tidak benar dan sudah diedit.

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CH8je5ght9b/

https://www.instagram.com/p/CIJZuaFBYA0/

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/06/30/fact- check-image-mike-tyson-t-shirt-vaccines-altered/7816837002/

https://checkyourfact.com/2021/06/29/fact-check-mike-tyson-trust- god-vaccines-shirt/

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Postingan foto Mike Tyson memakai kaos anti-vaksin adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini