Sukses

6 Hoaks yang Beredar dalam Sepekan, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Beragam informasi hoaks beredar selama sepekan, dari seputar mudik lebaran hingga pecahnya peperangan antara Pakistan dan Israel.

Cek Fakta Liputan6.com melalui penelusurannya pun telah membuktikan sejumlah informasi hoaks yang beredar di media sosial.

Berikut informasi hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Video Rombongan Presiden Sedang Mudik

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video rombongan presiden mudik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video rombongan presiden mudik. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Bryan Elnathan, pada 8 Mei 2021.

Unggahan klaim video rombongan presiden mudik direkam dari dalam sebuah kendaraan, menampilkan rangkaian kendaraan yang dikawal mobil dan motor berwarna putih.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "Nah Keluarga istana sudah pulkam/mudik".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Trimakasih Bpk presiden.. Bapak sudah memberi contoh kpd kami... Bapak mlh di kawal.. Kami gak usah di kawal pak.. Cukup cabut larangan mudik saja.. 😜🤭🤫".

Benarkah klaim video rombongan presiden mudik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video rombongan presiden mudik tidak benar.

Video tersebut memang rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, bukan sedang melakukan mudik.

 

2. Pemerintah Putuskan Hari Raya Idul Fitri 1422 pada 11 Mei 2021

 Beredar di media sosial postingan terkait Pemerintah telah memberikan pengumuman Hari Raya Idul Fitri 1422 H pada 11 Mei 2021. Postingan itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama Nazwa Maulida Al Haziq. Ia mengunggahnya di Facebook pada 9 Mei 2021.

Dalam postingannya terdapat tautan dengan judul artikel berita "Pemerintah Resmi Umumkan 11 Mei Penetapan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H"

Namun akun tersebut menambahkan narasi:

"DASAR MENAG BUNTELAN KENTUT‼️Menag YAKULT....mantan ketua BanSerep (Banser). masa hitungan ngak sampai 30 hari cuma 28 hari Matematika gimana sih Bray...?*Pemerintah Resmi Umumkan 11 Mei Penetapan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H**Menag Koplak...akibat salah pilih mentri dari ketua Banserep jadi menag.."

Lalu benarkah Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1422 H pada 11 Mei 2021? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, postingan yang menyebut Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1422 H pada 11 Mei 2021 adalah tidak benar. Faktanya Pemerintah pada 11 Mei 2021 baru menggelar Sidang Isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri.

 

3. Video Pemudik Naik Motor Lewat Tol

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pemudik naik motor lewat tol. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Ninit Abdul Panjaitan, pada 10 Mei 2021.

Unggahan video yang diklaim pemudik naik motor lewat tol tersebut menampilkan sejumlah motor melewati jalan dengan kecepatan tinggi, terdapat sejumlah mobil yang berhenti pada sisi bahu jalan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Pemudik motor lewat jalan tol"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"#ThePowerOfMudikKetika rindu sudah membuncah di qalbu...Segala cara akan ditempuh untuk sampai ke tujuan...Para pemudik motorpun nekat masuk jalan tol dengan kecepatan tinggi. Berasa lagi nonton motogp. Valentino Rossi mah ga ada apa apa nya. Coba mana berani dia balapan di jalan tol...Semoga kalian dimudahkan dilindungi di perjalanan hingga kembali ke tempat asal..."

Benarkah klaim video video pemudik naik motor lewat tol? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video video pemudik naik motor lewat tol tidak benar.

Ditlantas Polda Metro Jaya menyatakan, peristiwa dalam video tersebut terjadi di Malaysia dan tidak terkait dengan pelarangan mudik.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Foto Kemacetan Jalan Tikus saat Mudik di Indonesia

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kemacetan di jalan tikus saat mudik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto mobil terjebak kemacetan di jalan tikus saat mudik. Klaim tersebut beredar dijejaring sosial WhatsApp.

Klaim foto mobil terjebak kemacetan di jalan tikus saat mudik, menampilkan foto sejumlah mobil yang sedang berhenti pada tiga sisi jalan yang terletak di tengah sawah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Nekat mudik sih, lewat jalan tikus lagi. Nah kalau begini bagaimana ? Selamat menikmati keindahan persawahan, nah bagaimana dengan toiletnya kalau mules ?Kami doakan kiranya diberikan ketabahan. Amin.😂😂😂"

Benarkah klaim foto kemacetan di jalan tikus saat mudik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto kemacetan di jalan tikus saat mudik tidak benar.

Foto tersebut diambil di Swedia saat musim panas 2019. Sebelum adanya larangan mudik.

 

5. Bank Indonesia Keluarkan Uang Baru Nominal 1.0

Beredar di media sosial postingan video terkait klaim uang baru dari Bank Indonesia dengan nominal 1.0. Video itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Video viral itu pertamakali diunggah di Tiktok kemudian banyak dibagikan di media sosial lain. Salah satunya adalah akun bernama @3menitvideo.

Akun tersebut mengunggahnya di Facebook pada 9 Mei 2021. Di dalam video berdurasi 14 detik itu terdapat narasi "ngasih THR pakai uang pecahan ini lucu kali ya? Hayoo udh ada yang punya belom?"

Lalu benarkah Bank Indonesia mengeluarkan mata uang dengan nominal 1.0? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, video terkait Bank Indonesia mengeluarkan mata uang dengan nominal 1.0 adalah tidak benar.

 

6. Masjid Al Aqsa Dibakar

Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Masjid Al Aqsa Dibakar (sumber: Facebook)

Sebuah video yang diklaim Masjid Al Aqsa dibakar beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Eska Grabag pada 12 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 21 detik itu, tampak kobaran api terlihat atas sebuah bangunan tembok berwarna putih.

Selain itu, ratusan orang penduduk Israel tampak berkumpul dan menari sambil menyaksikan kebakaran tersebut. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan dibakarnya Masjid Al Aqsa.

"Masjid Al aqsa diserang dan dibakar .Dengan bangga & bahagianya zionis israel merayakan kemenangan.

Bagaimana kita sebagai umat muslim.," tulis akun Facebook Eska Grabag.

Konten yang disebarkan akun Facebook Eska Grabag telah 5 kali dibagikan dan mendapat 2 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Masjid Al Aqsa dibakar? Berikut penelusurannya.

Video yang diklaim Masjid Al Aqsa dibakar ternyata tidak benar. Faktanya, yang terbakar dalam video tersebut adalah pohon di area Bukit Bait Suci atau Temple Mount, bukan Masjid Al Aqsa.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com  untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut