Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Pemudik Naik Motor Lewat Tol

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pemudik naik motor lewat tol. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Ninit Abdul Panjaitan, pada 10 Mei 2021.

Unggahan video yang diklaim pemudik naik motor lewat tol tersebut menampilkan sejumlah motor melewati jalan dengan kecepatan tinggi, terdapat sejumlah mobil yang berhenti pada sisi bahu jalan.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Pemudik motor lewat jalan tol"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"#ThePowerOfMudikKetika rindu sudah membuncah di qalbu...Segala cara akan ditempuh untuk sampai ke tujuan...Para pemudik motorpun nekat masuk jalan tol dengan kecepatan tinggi. Berasa lagi nonton motogp. Valentino Rossi mah ga ada apa apa nya. Coba mana berani dia balapan di jalan tol...Semoga kalian dimudahkan dilindungi di perjalanan hingga kembali ke tempat asal..."

Benarkah klaim video video pemudik naik motor lewat tol? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video pemudik naik motor lewat tol, dengan menggunakan Yandex dan Google Image. Hasilnya tidak ditemukan foto dan video yang identik.

Penelusuran dilanjutkan dengan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'pemudik motor masuk tol'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Viral Narasi Pemotor Mudik Masuk Tol, Begini Faktanya" yang dimuat situs detik.com, pada 10 Mei 2021.

Artikel situs detik.com memuat foto yang identik dengan video klaim. Foto

Dalam artikel situ detik.com, Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal membantah narasi di video. Dia pun mengatakan video itu bukan di Indonesia.

"Itu lokasi di Malaysia. Peristiwa itu sudah lama," kata Akmal saat dimintai konfirmasi, Senin (10/5/2021).

Akmal menyebut video itu tidak ada hubungannya dengan kebijakan larangan mudik pemerintah. Menurutnya, penyebar video itu hanya mencoba membuat gaduh masyarakat.

"Itu ada di Instagram dan temen-temen IT sudah ngecek (video) dari Instagram Malaysia," ujar Akmal.

Sumber:

https://news. /berita/d-5565064/viral-narasi-pemotor-mudik-masuk-tol-begini-faktanya

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video video pemudik naik motor lewat tol tidak benar.

Ditlantas Polda Metro Jaya menyatakan, peristiwa dalam video tersebut terjadi di Malaysia dan tidak terkait dengan pelarangan mudik.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut