Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Masjid Al Aqsa Dibakar

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim Masjid Al Aqsa dibakar beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Eska Grabag pada 12 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 21 detik itu, tampak kobaran api terlihat atas sebuah bangunan tembok berwarna putih.

Selain itu, ratusan orang penduduk Israel tampak berkumpul dan menari sambil menyaksikan kebakaran tersebut. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan dibakarnya Masjid Al Aqsa.

"Masjid Al aqsa diserang dan dibakar .Dengan bangga & bahagianya zionis israel merayakan kemenangan.

Bagaimana kita sebagai umat muslim.," tulis akun Facebook Eska Grabag.

Konten yang disebarkan akun Facebook Eska Grabag telah 5 kali dibagikan dan mendapat 2 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Masjid Al Aqsa dibakar? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim Masjid Al Aqsa dibakar. Penelusuran dilakukan menggunakan kata kunci "jews dancing al aqsa burning" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Jews dancing while fire rages on Temple Mount lights up social media" yang dimuat situs jpost.com pada 11 Mei 2021.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa yang terbakar adalah pohon di area Bukit Bait Suci atau Temple Mount. Hal ini diungkapkan oleh Kementerian Luar Negeri Israel lewat sebuah cuitan di twitternya.

"Pohon yang terbakar di Temple Mount malam ini, akibat kekerasan pengunjuk rasa yang menembakka kembang api ke arah polisi," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Israel.

Menurut Polisi Yerusalem, kebakaran itu dimulai karena petasan yang dilemparkan oleh warga Palestina.

Artikel tersebut juga memuat video identik dengan yang disebarkan akun Facebook Eska Grabag. Meski berbeda sudut pengambilan gambar, namun ada beberapa hal identik yang terlihat. Di antaranya kobaran api di atas gedung dan kumpulan warga Israel yang menyaksikan peristiwa itu.

Sementara, dikutip dari situs theintercept.com, tidak ada kerusakan yang terjadi pada Masjid Al Aqsa akibat kebakaran pohon di wilayah tersebut. Sementara, kumpulan warga Israel di dekat lokasi kebakaran pohon tengah merayakan Hari Yerusalem.

Hari raya tersebut merupakan peringatan penyatuan kembali Yerusalem dan pendirian kedaulatan Israel atau Kota Lama Yerusalem setelah Perang Enam Hari pada Juni 1967.

Referensi:

https://www.jpost.com/arab-israeli-conflict/jews-dancing-while-fire-on-temple-mount-burns-lights-up-social-media-667844

https://theintercept.com/2021/05/11/not-fine-video-ultranationalist-frenzy-jerusalem-unsettling/

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim Masjid Al Aqsa dibakar ternyata tidak benar. Faktanya, yang terbakar dalam video tersebut adalah pohon di area Bukit Bait Suci atau Temple Mount, bukan Masjid Al Aqsa.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: