Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Artikel Liputan6.com Berjudul "MUI akan Segera Keluarkan Fatwa Haram Kepada Free Fire"

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan segera mengeluarkan fatwa haram kepada gim Free Fire sebelum Hari Raya Idul Fitri beredar di media sosial.

Kabar tersebut beredar lewat gambar tangkapan layar artikel berjudul "MUI akan segera mengeluarkan fatwa "Haram" kepada "Free Fire" sebelum Hari Raya Idul Fitri yang diklaim dari Liputan6.com.

Gambar tangkapan layar tersebut disebarkan akun Facebook Mas Radity pada 22 April 2021. Akun Facebook Mas Radity kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Kabar gembira untuk kita semua

#accmin

#accwoi," tulis akun Facebook Mas Radity.

Konten yang disebarkan akun Facebook Mas Radity telah 459 kali dibagikan dan mendapat 270 komentar warganet.

Benarkah MUI akan segera mengeluarkan fatwa haram kepada gim Free Fire? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar MUI akan segera mengeluarkan fatwa haram kepada gim Free Fire. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "mui fatwa haram free fire" di kolom pencarian Google Search.

Namun tidak ada media arus utama yang memberitakan bahwa MUI akan mengeluarkan fatwa haram untuk gim Free Fire.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "free fire" di kolom pencarian situs Liputan6.com. Namun tidak ada artikel yang memberitakan MUI mengeluarkan fatwa haram untuk gim Free Fire.

Justru, Liputan6.com menemukan artikel yang memiliki kesamaan dengan gambar tangkapan layar yang diunggah akun Facebook Mas Radity. Adalah artikel berjudul "Anya Geraldine dan Angga Yunanda Temani Gamer Free Fire Selama Ramadhan" yang dimuat situs Liputan6.com pada 16 April 2021.

Berikut gambarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs Liputan6.com.

Liputan6.com juga menghubungi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh. Namun berita ini dimuat, Asrorun belum merespons pertanyaan mengenai MUI yang akan mengeluarkan fatwa haram untuk gim Free Fire.

 

Referensi:

https://www.liputan6.com/ramadan/read/4533749/anya-geraldine-dan-angga-yunanda-temani-gamer-free-fire-selama-ramadhan#

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Kabar MUI akan segera mengeluarkan fatwa haram kepada gim Free Fire ternyata tidak benar. Faktanya, gambar tangkapan layar artikel berjudul "MUI akan segera mengeluarkan fatwa "Haram" kepada "Free Fire" sebelum Hari Raya Idul Fitri merupakan hasil manipulasi.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: