Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Informasi Rekaman Ikan Duyung yang Sebenarnya

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya. Informasi terebut berupa artikel berjudul "Betul betul Tidak Dapat Percaya Mata Sendiri,Aneh Kejadian Rekaman Ikan Duyung Yang Sebenarnya" yang dimuat situs viralinfoindo.xyz.

Berikut isi artikel informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya tersebut:

"Seputar DuniaDalamBerita.com - Heboh, sebuah rekaman video putri duyung betul-betul membuat kita tidak percaya dengan mata sendiri?

Adakan Ikan 'Duyung' Satu Lagenda atau betul-betul wujud di dunia kita? Sudah ada banyakrakaman ikan 'duyung' alir keluar kat internet

Dikutip dari sebuah website brilio.net dari Hmetro, Senin (10/4), lelaki yang berusia 39 tahun ditettapkan sebbagai terssangka karrena merekkam sebuah video darri bawah rok seorang wanita dengan menggunakan kamera yang disembunyikan di dalam sepatu.

Pria ini melakukan aksinya menjelang siang pada pukul 09.30 waktu setempat di Pasar Tani Giant, Alor Setar, Kedah, Malaysia. Sang korban, wanita berusia 38 tahun mengaku terkejut sebab tiba-tiba seorang pria di sampingnya dipukul beramai-ramai. Ketika itu korban tengah berada di sebuah kedai ingin membeli kue.

Kepala kepolisian setempat, Mohd Rozi Jidin menuturkan bahwa warga memergoki perbuatan pria iseng tersebut sebelum beramai-ramai memukulinya. dari Pellakunya juga kedappattan tellah memasukkan sebuah kakinya di sebuah sela-sela kaki si korban "Ketika kejadian itu korban tidak menyadari perbuatan pelaku yang merekam video itu yang telah dihubungkan dengan Iphone 6 Plus miliknya," terang Mohd Rozi Jidin.

Menurut Rozi, pelaku dapat dikenai Pasal 294 dan 509 Kanun Keseksaan Malaysia, serupa Kitab Undang-Undnag Hukum Pidana di Indonesia."Khalayak kemudian menyerahkan pelaku kepada pihak kepolisian"

Benarkah informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya, dengan memeriksa isi artikel. Hasilnya, isi artikel tersebut tidak mengulas tentang rekaman ikan duyung yang sebenarnya melainkan tentang lelaki yang ditangkap karena merekam video dari bawah rok perempuan dengan kamera tersembunyi di sepatunya.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Ketika kejadian itu korban tidak menyadari perbuatan pelaku yang merekam video itu yang telah dihubungkan dengan Iphone 6 Plus miliknya," terang Mohd Rozi Jidin.'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Si korban nggak sadar dan kaget melihat pelaku tiba-tiba dikeroyok warga"  yang dimuat situs brilio.net, pada 10 April 2014. Artikel situs brilio.net ini merupakan sumber artikel klaim.

Berikut isi artikel tersebut:

"Brilio.net - Ada-ada saja cara seseorang untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika itu sesuatu yang positif dan cara yang dipilih itu kreatif dan tidak merugikan orang lain, maka itu patut diacungi jempol.

Namun jika yang dikejar sesuatu yang tak patut, maka cara apapun tetap tidak bisa dibenarkan. Seperti apa yang dilakukan salah seorang pria asal Malaysia berikut ini.

Dikutip brilio.net dari Hmetro, Senin (10/4), lelaki berusia 39 tahun ditetapkan sebagai tersangka karena merekam video bawah kain seorang wanita dengan menggunakan kamera yang disembunyikan di dalam sepatu.

Pria ini melakukan aksinya menjelang siang pada pukul 09.30 waktu setempat di Pasar Tani Giant, Alor Setar, Kedah, Malaysia. Sang korban, wanita berusia 38 tahun mengaku terkejut sebab tiba-tiba seorang pria di sampingnya dipukul beramai-ramai. Ketika itu korban tengah berada di sebuah kedai ingin membeli kue.

Kepala kepolisian setempat, Mohd Rozi Jidin menuturkan bahwa warga memergoki perbuatan pria iseng tersebut sebelum beramai-ramai memukulinya. Pelaku juga kedapatan telah memasukkan kakinya di sela-sela kaki korban.

"Ketika kejadian itu korban tidak menyadari perbuatan pelaku yang merekam video itu yang telah dihubungkan dengan Iphone 6 Plus miliknya," terang Mohd Rozi Jidin.

Menurut Rozi, pelaku dapat dikenai Pasal 294 dan 509 Kanun Keseksaan Malaysia, serupa Kitab Undang-Undnag Hukum Pidana di Indonesia.

"Khalayak kemudian menyerahkan pelaku kepada pihak kepolisian dan korban turut hadir membuat laporan di Kantor Kepolisian Kota Setar," imbuhnya."

Sumber:

https://www.brilio.net/duh/kamu-pasti-nggak-nyangka-isi-sepatu-ini-pemiliknya-dihajar-massa-170410v.html

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi rekaman ikan duyung yang sebenarnya tidak benar.

Isi artikel tersebut tidak mengulas tentang rekaman ikan duyung yang sebenarnya melainkan tentang lelaki yang ditangkap karena merekam video dari bawah rok perempuan dengan kamera tersembunyi di sepatunya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.