Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Orang dalam Foto Ini adalah Buzzer

Cek Fata Liputan6.com menelusuri klaim foto buzzer.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim buzzer. Foto tersebut diunggah akun Facebook Susetyo Nugroho, pada 19 Maret 2021.

Foto yang diunggah merupakan tangkapan layar unggahan akun Facebook Marsani Sutejo yang menampilkan seorang berambut panjang sedang duduk mengahdap ponsel berjajar.

Pada foto buzzer tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"cebong itu sebenarnya gak banyak, 1 ekor cebong mungkin bisa punya 20-50 akun di medsos... mereka harus begitu karena hanya dgn cara itulah mereka bisa dapet duit buat makan ..... jika perlu, mereka bikin berita hoax dan fitnah sana sini, atau bahkan sekedar bikin meme yg sangat murahan ... karena memang spt itulah kapasitas mereka"

Kemudian pada bagian foto terdapat tulisan berikut:

"salah satu buzzeRp rezim firaun yang berhasil tercolong kamera....pantes aja mereka kerja keras utk menghancurkan Islam....modalnya sudah byk yg dikeluarkan utk bayar buzzeRp dan hp utk buat puluhan akun, dsb, dll,dkk. # Hancur negara Indonesia"

Benarkah klaim foto buzzer? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fata Liputan6.com menelusuri klaim foto buzzer, dengan menggunakan Google Image.

Cek Fata Liputan6.com menelusuri klaim foto buzzer,

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "A viral photo in China shows how to manipulate App Store rankings the hard way" yang dimuat situs techinasia.com, pada 5 Februari 2015.

Cek Fata Liputan6.com menelusuri klaim foto buzzer

Artikel techinasia.com memuat foto yang identik dengan klaim. Artikel tersebut menyebutkan Foto seorang wanita yang duduk di depan puluhan iPhone 5C telah menjadi viral di China. Meskipun hanya sedikit detail tentang asal foto tersebut yang tersedia, media berspekulasi bahwa dia bekerja di sebuah peternakan manipulasi peringkat App Store China. Tugasnya adalah mengunduh, menginstal, dan menghapus aplikasi tertentu berulang kali untuk meningkatkan peringkat App Store mereka.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Beginikah Cara Developer Memberi Rating Aplikasi di App Store?" yang dimuat situs beritateknologi.com, pada 4 Februari 2015.

Artikel situs beritateknologi.com memuat foto yang identik dengan klaim. 

Cek Fata Liputan6.com menelusuri klaim foto buzzer

 

Artikel tersebut menyebutkan, kreator aplikasi TapCase Simon Pang memunculkan gambar kontroversial di Twitter. Gabmbar tersebut memperlihatkan seorang wanita yang duduk di depan puluhan unit iPhone.

Dalam tweetnya itu, Pang pun menuliskan, "Beginilah cara kerja rating di App Store. Selamat datang di dunia nyata." Dalam tweetnya tersebut, Pang pun mengindikasikan kalau para developer rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa seorang agar bisa memberi rating tinggi untuk aplikasi buatannya.

Sumber:

https://www.beritateknologi.com/beginikah-cara-developer-memberi-rating-aplikasi-di-app-store/

https://www.techinasia.com/viral-photo-china-shows-manipulate-app-store-rankings-hard

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto buzzer tidak benar. Hasil penelusuran menyebutkan, wanita dalam foto tersebut bekerja di sebuah peternakan manipulasi peringkat App Store China.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.