Sukses

Simak Kumpulan Foto Hoaks Terbaru yang Beredar di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Informasi hoaks yang beredar di media sosial beragam bentuknya, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media foto.

Foto yang dijadikan bahan hoaks biasanya telah diedit atau diberikan keterangan yang tidak sesuai dengan fakta.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi foto yang beredar di media sosial. Hasilnya, foto tersebut hoaks.

Berikut kumpulan foto hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Foto Bukan Mobil Esemka

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Mobil Esemka (sumber: Facebook)

Sebuah foto yang diklaim sebagai mobil Esemka beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Kompyang Iwantara pada 22 Februari 2021.

Akun Facebook Kompyang Iwantara mengunggah foto mobil jenis sedan berwarna putih yang tengah berada di lokasi pameran. Terdapat logo Esemka di bagian depan mobil tersebut.

Mobil tersebut tampak tengah ditumpangi oleh seorang pria. Sejumlah orang juga terlihat memandang mobil tanpa atap tersebut.

Akun Facebook Kompyang Iwantara kemudian mengaitkan foto tersebut dengan mobil produksi Esemka.

"Kadroon lagi goreng isu banjir, pakde buktikan pake esemka👍

Kadroon makin ketjang - ketjang xixixixixi," tulis akun Facebook Kompyang Iwantara.

Konten yang disebarkan akun Facebook Kompyang Iwantara telah 40 kali dibagikan dan mendapat 324 komentar warganet.

Benarkah foto tersebut merupakan mobil keluaran Esemka? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim sebagai mobil produksi Esemka ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan mobil Honda S 2000. Salah satu mobil sport dari produsen mobil asal Jepang, Honda.

Foto yang disebarkan akun Facebook Kompyang Iwantara telah disunting dengan mengubah logo mobil Honda dengan logo mobil Esemka.

 

2.  Foto Truk Bermuatan Rudal

 

Klaim truk bermuatan rudal/ (Facebook)

Cek Fakta Liputan6.com menemukan unggahan menarik di Facebook. Segelintir netizen menyebut kalau ada truk di pinggir jalan yang diklaim berada di Indonesia tengah membawa rudal.

Klaim truk membawa rudal di jalanan yang berada di Indonesia ini bisa dilihat di akun Facebook Hakim Al Luqman. Begini narasinya:

"di jalan Ketemu Truk Membawa RudalZa Allah Semoga AMAN indonesia qu,,,,, ojok onok perang2 nEh."

Klaim dengan foto yang sama juga ditemukan di akun Facebook atas nama Dedi. Dia menyebut negara ini mau perang. Begini narasinya:

"Apa negara ini mau perang ya. Kok ada truk membawa rudal."

Lalu, benarkah truk yang berada di jalanan Indonesia itu membawa rudal? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim truk yang berada di jalanan Indonesia itu membawa rudal merupakan informasi palsu yang masuk dalam kategori satire atau parodi.

Faktanya, truk itu membawa muatan paku bumi yang mengalami gangguan di jalan layang yang berada di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pada 6 Juli 2017.

 

3.  Foto Mobil Korban Banjir Bekasi 20 Februari 2021

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto tumpukan mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021, klaim foto tersebut beredar di jejaring sosial WhatsApp.

Terdapat dua foto yang dibagikan pada klaim foto tumpukan mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021. Foto pertama menampilkan mobil jenis sedan menindih mobil minibus, foto berikutnya menampilkan mobil yang sedang terbalik di antara mobil yang menumpuk.

Benarkah klaim foto mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto mobil korban banjir di Bekasi pada 20 Februari 2021 sebagian salah.

Foto mobil tersebut memang korban banjir di Bekasi, pada Januari 2020 bukan pada 20 Februari 2021.

 

4. Foto Efek Samping Vaksin

Klaim efek samping Vaksin Moderna.

Salah satu pengguna akun Band, media sosial di Korea Selatan, Last Time mengunggah dua buah foto pria dengan wajah bengkak-bengkak. Foto itu diklaim sebagai orang yang terkena efek samping dari Vaksin Moderna.

Akun itu mengunggah foto dua pria yang diklaim terkena efek samping Vaksin Moderna pada 28 Januari 2021. Begini narasi yang dia buat untuk unggahannya:

"Kebenaran yang mengerikan dari Vaksin Moderna."

Unggahan itu juga disertai dengan laporan berjudul: "Vaksin Moderna Covid-19 Menyebabkan Monsterisme". Kemudian, sebagian isi artikel tersebut, yakni:

"Vaksinasi Covid-19 Moderna, yang disetujui oleh Food & Drug Administration (FDA) pada 18 Desember, dapat menyebabkan penerima mengalami efek samping yang jarang tetapi berpotensi mematikan - Monsterisme, penyakit degeneratif yang merusak korban dengan kelainan fisik dan mental."

Lalu, benarkah dua pria dalam foto itu terkena efek dari Vaksin Moderna? Simak peneusurannya di halaman berikut.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto dua pria terkena efek samping Vaksin Moderna merupakan informasi yang salah. Dua foto itu sudah berada di internet sebelum pandemi covid-19 melanda di seluruh dunia dia awal tahun 2020.

Foto pertama diambil pada 2007 di Brasil, sedangkan foto kedua terjadi di Filipina pada 2019. Kedua foto itu mengalami pembengkakan wajah karena penyakit misterius yang diawali dari sinusitus.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut