Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Ajukan Pensiun Dini

Beredar kabar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengajukan pensiun dini. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengajukan pensiun dini beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook Crut pada 16 Maret 2021.

Akun Facebook Crut mengunggah sebuah video berjudul "WADUH GAWAT!!!~BERITA TERBARU HARI INI~MENGEJUTKAN FADIL IMRAN AJUKAN PENSIUN DINI~VIRAL".

"JANGAN LARI KAU FADIL

WADUH GAWAT!!!~BERITA TERBARU HARI INI~MENGEJUTKAN FADIL IMRAN AJUKAN PENSIUN DINI~VIRAL," tulis akun Facebook Crut.

Konten yang disebarkan akun Facebook Crut telah 77 kali ditonton dan mendapat 5 komentar warganet.

Benarkah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengajukan pensiun dini? Berikut penelusurannya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengajukan pensiun dini. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "fadil imran pensiun dini" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya tidak ada artikel dari media arus utama yang memuat kabar tersebut. Liputan6.com kemudian menemukan artikel yang menjelaskan kegiatan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran pada Kamis 16 Maret 2021.

Artikel tersebut berjudul "Peresmian Kampung Tangguh Secara Langsung Oeh Kapolda Metro Jaya Batalyon D Pelopor Satbrimob" yang dimuat situs lensahukum.co.id.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Pol DR Fadil Imran, M.Si meresmikan Kampung Tangguh binaan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya,Rabu (17/04/2021).

Pasalnya,Peresmian Kampung Tangguh dilakukan secara langsung oleh Kapolda Metro Jaya disaksikan Dansat Brimob Polda Metro Jaya Kombes Pol Gatot Mangkurat, SIK, Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, S.IK, Danyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya Kompol Budi Prasetya, S.IK, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) perwakilan Bekasi Raya Doni Ardon, Kapolsek Cikarang Pusat Kompol Zaini Abdillah, S.I.K, Camat Cikarang Pusat Suwarto, Kepala Desa Hegarmukti Ajo Subarjo dan para relawan Kampung Tangguh binaan Yon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya.

Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya mendorong masyarakat untuk dapat meningkatkan perekonomian dan pangan di masa pandemi. Bahkan sarana penanganan Covid-19 pun kami siapkan, ” kata, Danyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya Kompol Budi Prasetya, S.IK dalam pemaparannya di hadapan Kapolda.

Menurutnya, Batalyon D Pelopor memanfaatkan lahan di Mako dan lahan kosong di area wisata Situ Rawabinong untuk budidaya Jahe Merah, Kangkung, Cabe dan kolam ikan.

“Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan warga selama pandemi disini, ” katanya.

Dalam program Kampung Tangguh ini, Batalyon D Pelopor juga menyediakan tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar Covid-19.

Jadi warga yang positif dapat terpantau langsung dan diamankan di tempat isolasi agar tidak terjadi klaster penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Dalam jumpa pers, Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran mengatakan kehadirannya di Desa Hegarmukti untuk melihat langsung Kampung Tangguh Binaan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya sekaligus meresmikannya.

“Peresmian Kampung Tangguh ini bertujuan untuk membentuk lingkungan yang tangguh dan mandiri dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Intinya Kampung Tangguh Jaya ini didirikan sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 secara mandiri agar mampu mengantisipasi dan mengatasi berbagai masalah salah satunya menekan tingkat penyebaran Covid -19,” ungkap Kapolda.

Secara khusus dirinya mengucapkan termakasih atas kepedulian warga yang peduli dalam upaya pemerintah menurunkan angka penyebaran Covid-19 di Desa Hegar mukti.

“Terima kasih pak Dansat,pak Kapolres, pak Danyon, Kapolsek, Camat, Babinsa, pak lurah dan kang Doni Ardon yang sudah membantu pemerintah menekan penyebaran virus Covid-19,” ucapnya.

Di kesempatan itu Kapolda beserta rombongan juga meninjau beberapa fasilitas yang ada di Kampung Tangguh Binaan Yon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya, diantaranya ruang pelayanan kesehatan, budidaya jahe merah, kangkung, cabe, ubi dan kolam ikan yang merupakan salah satu ketahanan pangan masyarakat, tim relawan, posko induk relawan, dan Rumah karantina mandiri serta ruang therapy.

“Ini menjadi contoh buat kampung yang lain untuk selalu peduli dengan warganya dan bahu membahu untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan terbebas dari wabah yang melanda saat ini, ” Tutur,Kapolda.

Di tempat yang sama, Ketua SMSI Bekasi Raya Doni Ardon sekaligus Direktur Bumdesa Hegarmukti mengakui keberadaan Kampung Tangguh yang diinisiasi Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya terbukti menekan penularan virus Covid-19.

“Awal tahun 2021, RW 12 Desa Hegarmukti ini termasuk tinggi kasus penularan COVID-19 dan masuk kategori zona merah dengan warga terpapar mencapai 21 orang, ” Ucapnya.

Namun, lanjut pengurus Kampung Tangguh binaan Batalyon D Pelopor,dengan adanya Kampung Tangguh binaan Brimob berhasil menurunkan angka warga terpapar Covid-19 dan perekonomian warga di wilayahnya pun mulai tumbuh membaik.

“Alhamdulillah,warga sudah bisa berjualan lagi di area perekonomian yang dikembangkan Kampung Tangguh binaan Batalyon D Pelopor, ” Ucapnya.

 

Referensi:

https://www.lensahukum.co.id/read/24899/peresmian-kampung-tangguh-secara-langsung-oeh-kapolda-metro-jaya-batalyon-d-pelopor-satbrimob/

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengajukan pensiun dini ternyata tidak benar. Faktanya, Irjen Fadil Imran masih menjadi polisi aktif dan menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Narasi yang disebarkan akun Facebook Crut tidak sesuai fakta sebenarnya.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.