Sukses

Mau Pensiun Dini? 4 Langkah Ini Bisa Percepat Tujuan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menyusun rencana pensiun dini, prosesnya sederhana dan rumit. Sederhana bagi mereka yang mengerti bagaimana melakukannya dan siap mengerahkan upaya serta memiliki cukup uang untuk pensiun dini.

Tetapi proses penisun dini rumit bagi mereka yang tidak memiliki pemahaman seperti itu, demikian dikutip dari laman Lifehack, Rabu (13/1/2021).

Pernahkah Anda menyadari betapa mudahnya beberapa orang menghasilkan jutaan? Apakah Anda juga menyadari betapa menantang bagi beberapa orang dalam mencari uang?

Di banyak negara, usia pensiun normal adalah antara 60 dan 65. Pada usia ini, seseorang telah bekerja selama 40 tahun atau mungkin lebih.

Banyak orang bekerja selama 40 tahun dengan gaji yang layak tetapi hidup akhirnya pada jaminan sosial untuk bertahan setelah pensiun.

Ini menunjukkan bahwa memiliki pekerjaan yang layak dengan tunjangan yang baik tidak cukup untuk pensiun dengan nyaman, apalagi pensiun dini.

Apakah pekerjaan yang bagus adalah solusi? Jika tidak, lalu apa?

Dalam artikel ini tidak hanya akan mengajari Anda cara pensiun dini, tetapi juga cara pensiun dini dalam kondisi kaya.

Jika Anda mulai mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini, Anda bisa pensiun dalam 10-15 tahun sebagai jutawan.

 

2 dari 3 halaman

4 Hal Yang Perlu Diingat Jika Ingin Pensiun Dini

Untuk pensiun dini, Anda harus menghasilkan cukup uang untuk menjamin kehidupan yang layak setelah pensiun. Ini harus dilakukan lebih awal. Prosesnya sederhana:

- Hasilkan lebih banyak uang.- Habiskan dengan bijak.- Menabung dan berinvestasi dengan bijak.- Namun, sebelum kita melihat prosesnya, kita harus mengingat poin-poin penting berikut:

1. Tetapkan Tujuan Pensiun Anda

Menetapkan tujuan adalah langkah pertama menuju pencapaian besar apa pun. Ini mampu menunjukkan jalan dan membantu Anda mengetahui kapan Anda sampai di sana.

2. Pahami Di Mana Anda Saat Ini

Saat menuju tujuan tertentu, Anda harus memahami di mana Anda rute terpendek dan ternyaman untuk menuju ke tujuan tersebut.

Ini membutuhkan evaluasi yang jujur ​​tentang keadaan Anda saat ini. Lakukan audit kehidupan menyeluruh untuk mendapatkan pemahaman tersebut.

3. Evaluasi Pilihan Anda

Setelah menetapkan tujuan pensiun Anda dan memahami posisi Anda saat ini, Anda perlu mengevaluasi opsi. Anda bisa memulai bisnis, mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, hingga berinvestasi di real estat.

4. Ketahui Jalan ke Depan

Opsi apa yang akan saya ambil? Setelah memahami semua opsi yang tersedia, Anda perlu memilih satu opsi atau kombinasi opsi. Opsi ini akan memandu langkah Anda untuk maju.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: