Sukses

Cek Fakta: Bintang Bollywood Ini Beri Bantuan 1 Kg Tepung untuk Warga India Terdampak Covid-19?

Disebutkan kalau bintang Bollywood ini menyumbang 1 kg tepung dan uang sebesar 15 ribu rupee untuk warga India.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah klaim yang menyebut bintang Bollywood, Amir Khan membagikan 1 kilogram tepung untuk warga India yang terdampak covid-19.

Klaim ini bisa ditemukan di Instagram atas nama yafakta.id. Begini narasi soal Amir Khan yang beredar pada 17 Februari 2021:

"Bintang Bollywood, Amir Khan, sempat dihujat karena hanya memberikan bantuan 1 kg tepung untuk warga India yang terdampak lockdown. Banyak warga kemudian enggan mengambil batuan dari Amir karena dianggap tidak cukup."

Klaim serupa juga bisa ditemukan di Facebook. Namun dalam akun Facebook milik Wahidin, Amir Khan diklaim menyisipkan uang sebesar 15 ribu rupee atau Rp 3 juta di dalam tepung tersebut.

Begini narasi yang beredar:

"Warga Awalnya Tolak Bantuan Aamir Khan, Dikira Tepung Doang Ternyata Ada Rp3 JutaTak banyak selebriti Bollywood yang memiliki teladan yang baik apalagi di masa pandemi virus Corona Covid-19. Satu di antara yang memiliki teladan baik adalah aktor Aamir Khan.

Laman Times of India, 29 April 2020, belakangan ini media sosial dihebohkan dengan aksi sosial yang diduga dilakukan oleh Aamir Khan. Kabarnya ia memberikan sumbangan dengan cara yang cukup unik.Beredar video yang mengklaim kalau Suami Kiran Rao itu mengirim truk berisi tepung terigu untuk dibagikan para masyarakat yang membutuhkan.

Video viral tersebut menyatakan bahwa pada 23 April datang sebuah truk berisi paket tepung terigu ke Delhi, daerah yang kurang mampu selama krisis Covid-19 ini.Tak sedikit warga yang menolak untuk mengambil paket-paket itu. Alasannya mereka merasa satu kilo tepung terigu tidak akan bermanfaat bagi keluarga mereka.

Tapi orang-orang yang mengambil paket itu dibuat terkejut karena ternyata ada uang senilai Rupee 15.000 atau setara Rp3 juta dalam bentuk tunai yang disembunyikan dalam setiap paket tepungnya.

"Aamir Khan mendonasikan masing-masing 1Kg tepung dan 15000 rupee kepada warga yang membutuhkan di masa lockdown ini," kata laman penggemar Aamir Khan Indonesia.(ALUMNI 212)"

Lalu, benarkah bintang Bollywood, Amir Khan memberikan bantuan sebesar Rp 3 juta di dalam tepung? Simak penelusurannya di halaman berikut.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan mesin pencari, Google Search. Hasil penelusuran mengarahkan ke artikel di situs Hindustan Times pada 7 April 2020.

Artikel berjudul: "Aamir Khan donates to PM-Cares, Maharashtra CM’s relief fund; helps daily wage workers of Laal Singh Chaddha".

Dijelaskan dalam artikel tersebut, kalau Aamir Khan melakukan donasi melalui Prime Minister Narendra Modi’s PM-Cares fund, Maharashtra chief minister’s relief fund, asosiasi pekerja film di India, dan sejumlah NGO.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs Sandesh.co, pada 20 April 2020. Di salah satu artikel pada situs itu, dijelaskan ada seorang donatur yang memberikan bantuan di tengah pandemi berupa tepung 1 kg dan uang 15 ribu Rupee.

Namun, tidak disebutkan kalau orang yang menyumbang itu adalah Aamir Khan.

Referensi Artikel

https://www.hindustantimes.com/bollywood/aamir-khan-donates-to-pm-cares-maharashtra-cm-s-relief-fund-helps-daily-wage-workers-of-laal-singh-chaddha/story-i8SRDKOp4iNU2ELA1DnxtL.html

https://sandesh.com/surat-man-gives-15000-rs-hidden-in-flour-to-laborers-in-lock-down/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim bintang Bollywood, Amir Khan dihujat karena membagikan 1 kg tepung berisi uang 15 rupee di tengah pandemi covid-19 merupakan informasi yang salah. Faktanya, Amir Khan memberikan bantuan melalui organisasi resmi.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.