Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kanada Akhiri Aturan Lockdown Akibat Covid-19 pada 1 Maret 2021

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial posting-an terkait beberapa aturan lockdown karena Covid-19 di Kanada akan dihentikan mulai 1 Maret 2021. Posting-an ini ramai dibagikan sejak pertengahan Februari lalu.

Salah satu akun yang membagikannya bernama @pamelajacobpurves. Dia mengunggahnya di Facebook pada 18 Februari 2021.

Dalam posting-annya terdapat gambar bertuliskan "Effective March 1, 2021, the Covid lockdown in Canada is over," atau dalam Bahasa Indonesia "Efektif 1 Maret 2021 lockdown covid di Kanada sudah berakhir."

Selain itu, dalam postingan juga terdapat narasi "We the citizens of Canada are now back in charge of our lives" atau dalam bahasa Indonesia "Kami warga Kanada sekarang kembali ke kehidupan biasa."

Lalu, benarkah Kanada akan mengakhiri aturan lockdown akibat Covid-19 pada 1 Maret 2021?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari AFP Fact Check berjudul "Covid-19 measures won’t be lifted on March 1 in Canada" yang tayang 27 Februari 2021. Di sana terdapat penjelasan bahwa posting-an yang beredar tidak benar.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Kanada menjelaskan dokumen yang beredar dalam posting-an juga bukan dokumen resmi dari pemerintah. AFP Fact Check pun meminta penjelasan dari masing-masing provinsi di Kanada terkait aturan yang berlaku saat ini untuk mengurangi penyebaran virus corona Covid-19.

Provinsi Alberta

Mulai 26 Februari 2021, Alberta berada dalam apa yang disebutnya "Langkah 1", yang melarang semua pertemuan sosial dalam ruangan dan membatasi kelompok sosial luar ruangan hingga 10 orang.

Steve Buick, juru bicara Kementerian Kesehatan Alberta, mengatakan kepada AFP melalui e-mail pada 25 Februari bahwa "Kami dapat mengumumkan 'Langkah 2' selambat-lambatnya atau pada 1 Maret, yang akan berlaku pada hari itu atau nanti."

Langkah 2 memungkinkan "pelonggaran potensial" di beberapa area, termasuk ritel, hotel, kebugaran dalam ruangan, serta pusat olahraga anak-anak. Ini tidak berarti mencabut semua tindakan kesehatan masyarakat."

Buick berkata: "Kami dapat melanjutkan sesuai deskripsi itu atau mengubah detailnya," dan dia mencatat "Bahkan aturan ini bisa dilanjutkan tergantung tren kasus."

Provinsi British Columbia:

British Columbia memiliki "pembatasan seluruh provinsi" termasuk larangan pertemuan sosial dan wajib mengenakan masker dalam ruangan publik.

Stephen May, juru bicara Kementerian Kesehatan BC, mengatakan dalam e-mail 25 Februari bahwa "British Columbia belum mengumumkan perubahan apa pun pada tatanan kesehatan masyarakat kami saat ini."

Provinsi Manitoba

Tata tertib kesehatan masyarakat Manitoba terbaru diumumkan pada 9 Februari 2021 dan mulai berlaku pada 12 Februari. Itu termasuk pelonggaran pembatasan tertentu, termasuk pembukaan kembali sebagian restoran dan fasilitas olahraga tertentu.

"Perintah kesehatan masyarakat kami saat ini menyatakan bahwa itu berlaku sampai 12:01 pada 5 Maret 2021," kata Kailey McCaffrey, juru bicara pemerintah Manitoba, dalam e-mail 25 Februari.

Provinsi New Brunswick:

Semua bagian New Brunswick berada dalam fase "Oranye," menurut situs web pemerintah. Ini berarti provinsi tersebut menganggap ada "risiko signifikan bahwa Covid-19 tidak lagi terkendali.

"Pemakaian masker wajib dan pembatasan lainnya masih berlaku. Sampai ada vaksin, tindakan kesehatan masyarakat masyarakat harus diikuti untuk membantu menghentikan penyebaran Covid-19," kata situs web tersebut.

Perdana Menteri New Brunswick berharap untuk melihat pasokan vaksin meningkat dalam beberapa minggu mendatang, menurut Canadian Broadcasting Corporation.

Provinsi tersebut mengatakan bahwa vaksin Covid-19 akan "tersedia lebih luas" mulai bulan Juli dan diperkirakan akan mencapai 75 persen dari populasi yang divaksinasi antara Juli dan September.

Provinsi Newfoundland dan Labrador:

Tidak ada indikasi bahwa tindakan kesehatan masyarakat akan dicabut di Newfoundland dan Labrador pada 1 Maret 2021.

Selama sebagian besar bulan Februari, provinsi tersebut telah berada pada Tingkat Siaga 5, menurut situs web pemerintah, yang berarti pertemuan sosial dibatasi dan beberapa olahraga serta fasilitas lainnya ditutup.

Namun pada 26 Februari 2021, pemerintah mengumumkan bahwa sebagian besar wilayah provinsi akan masuk ke Tingkat Siaga 4, yang berarti beberapa bisnis akan dapat dibuka kembali.

Provinsi Nova Scotia:

Arahan Nova Scotia termasuk jarak sosial dan batasan pertemuan, menurut situs web pemerintah.

Tidak ada indikasi bahwa tindakan tersebut akan dicabut pada 1 Maret, dan pada 25 Februari pemerintah provinsi menyatakan keprihatinan bahwa kasus dapat meningkat dalam beberapa hari mendatang.

Provinsi Ontario

Daerah yang berbeda di Ontario memiliki aturan kesehatan masyarakat yang berbeda-beda tergantung pada keadaan pandemi, menurut situs web pemerintah.

Misalnya, Toronto memiliki perintah "tinggal di rumah", atu yang berarti bahwa orang "hanya boleh keluar untuk keperluan" seperti bekerja, sekolah, atau belanjaan.

Pemerintah provinsi akan membuat keputusan tentang perubahan apapun untuk Toronto "tergantung pada tren indikator kesehatan masyarakat mendekati 8 Maret," menurut situs web pemerintah.

Provinsi Prince Edward Island:

Prince Edward Island saat ini berstatus level 'waspada' berdasar website pemerintah per 26 Februari 2021. Aturan yang diterapkan termasuk membatasi pertemuan sosial.

Pembatasan ini terakhir diperbarui pada 16 Februari dan tetap berlaku "sampai pemberitahuan lebih lanjut," menurut situs web tersebut.

Provinsi Quebec:

Marie-Louise Harvey, juru bicara Kementerian Kesehatan Quebec, mengatakan dalam e-mail 25 Februari bahwa "langkah-langkah kesehatan masyarakat tidak akan dicabut pada 1 Maret."

Quebec, yang mengevaluasi wilayah tingkat risiko berdasarkan wilayah, menerapkan kontrol Covid-19 yang ketat, termasuk jam malam dan larangan pertemuan sosial.

"Ada sedikit pelonggaran dalam beberapa hari terakhir, tetapi situasinya masih rapuh dan masih penting untuk menghormati langkah-langkah kesehatan masyarakat."

Provinsi Saskatchewan:

Doug Dahl, juru bicara Otoritas Kesehatan Saskatchewan, mengatakan dalam e-mail pada 25 Februari bahwa "Perintah kesehatan masyarakat saat ini di Saskatchewan diperpanjang hingga 19 Maret", seperti yang diumumkan sebelumnya. Arahan ini termasuk wajib memakai masker dan membatasi pertemuan sosial.

Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri dengan mengunjungi laman canada.ca, website resmi Pemerintah Kanada untuk Covid-19. Di sana terdapat data hingga 28 Februari 2021 ada 866.503 kasus covid-19 terkonfirmasi dan menewaskan 21.994 orang. Jumlah kasus aktif di Kanada sendiri hingga saat ini mencapai 30.731.

Sumber

https://factcheck.afp.com/covid-19-measures-wont-be-lifted-march-1-canada

https://www.canada.ca/en/public-health/services/diseases/coronavirus-disease-covid-19.html

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Postingan yang menyebut Kanada akan mengakhiri aturan lockdown karena covid-19 pada 1 Maret 2021 adalah tidak benar.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini