Sukses

Pengamat Teknologi: Chip Benda Padat, Tidak Mungkin Disuntikkan Seukuran Vaksin

Kabar bohong atau hoaks seputar chip dan vaksin Covid-19 muncul di banyak negara, tak hanya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Teknologi Informasi dan Telekomunikasi, Heru Sutadi, memastikan bahwa chip tidak mungkin dimasukkan ke dalam vaksin virus corona Covid-19.

Menurut Heru, chip merupakan benda padat dan punya ukuran yang cukup besar. Justru chip tidak dimungkinan untuk dimasukkan ke dalam vaksin.

"Chip itu benda padat. Ukurannya juga cukup besar. Kalau disuntikkan seukuran vaksin memang tidak mungkin," kata Heru saat diskusi daring bertema "Kenali Vaksin Covid-19, Jangan Tersesat Hoaks", Jumat (26/2/2021).

Heru mengatakan, kabar bohong atau hoaks seputar chip dan vaksin Covid-19 muncul di banyak negara, tak hanya di Indonesia.

Heru menambahkan, fungsi vaksin dan chip sangat berbeda. Vaksin merupakan bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit, sementara chip adalah perangkat elektronik yang berbentuk kepingan padat.

"Jadi chip bisa disuntikkan dalam vaksin itu memang dapat dinyatakan kabar bohong atau rumor," ucap Heru.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.