Sukses

Hoaks Olimpiade: Video Pesta Kembang Api hingga Batal karena Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus corona Covid-19 memakasa ajang olahraga internasional, Olimpiade 2020 ditunda. Rencananya, Olimpiade bakal digelar pada Juli 2021 di Jepang.

Beragam kabar palsu atau hoaks seputar Olimpiade juga sempat muncul selama penundaan. Satu di antaranya klaim soal Olimpiade dibatalkan pada 2021.

Klaim tersebut diunggah oleh akun Facebook Lyman Coronol. Berikut narasinya:

"REPORTS : Japan's government has privately concluded that the 2021 Tokyo Olympics will be cancelled due to the COVID-19 pandemic."

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"LAPORAN: Pemerintah Jepang secara pribadi membatalkan Olimpiade 2021 akibat pandemi covid-19."

Namun setelah ditelusuri, klaim Jepang membatalkan Olimpiade 2021 karena covid-19 adalah informasi hoaks.

Faktanya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan pemerintah Jepang tidak punya opsi tersebut dan tetap melaksanakan Olimpiade 2021 sesuai jadwal.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

2 dari 3 halaman

Video Pesta Kembang Api Olimpiade 2020 di Gunung Fuji

Media sosial Facebook, dalam 24 jam terakhir, dihebohkan dengan ratusan kembang api di wilayah Jepang. Disebutkan kalau kembang api ini rencananya disiapkan untuk gelaran Olimpiade Tokyo 2020 yang harusnya dibuka pada 23 Juli lalu.

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri informasi itu menggunakan Crowd Tangle. Hasilnya sangat mengejutkan. Bahkan, NOC Kenya juga menayangkan video yang menyebut Jepang terpaksa menyulut kembang api untuk upacara pembukaan Olimpiade Tokyo tersebut.

Begini narasi yang dipakai untuk kabar kembang api Olimpiade Tokyo terpaksa dinyalakan akibat ditunda karena pandemi virus corona:

Kembang api disiapkan oleh Tokyo untuk upacara pembukaan Olimpiade tahun ini. Olimpiade tidak dapat dibuka karena pandemi, tetapi kembang api ini tidak dapat disimpan sampai tahun 2021, sehingga kembang api Olimpiade dinyalakan. Silakan menikmati kembang api Olimpiade di bawah Gunung Fuji yang indah."

Setelah ditelusuri, video pesta kembang api yang diklaim untuk pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 adalah salah.

Faktanya, video pesta kembang api itu terjadi pada 2015 untuk memperingati pendaftaran Warisan Budaya Dunia Gunung Fuji pada tahun 2013.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: