Sukses

Ragam Hoaks Minyak Kayu Putih Bisa Cegah dan Sembuhkan Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Klaim minyak kayu putih bisa mencegah atau mengobati covid-19 masih beredar di masyarakat. Bahkan hampir setahun pandemi covid-19 berjalan, klaim terkait hal tersebut terus bermunculan.

Terbaru, ada klaim terkait minyak kayu putih. Yakni uap panas hasil dari campuran air dan minyak kayu putih bila dihirup akan membunuh covid-19.

Berikut beberapa ragam terkait minyak kayu putih dapat mencegah dan menyembuhkan covid-19.

1. Cek Fakta: Resep Murah Meriah Ini Bukan Obat untuk Membunuh Covid-19

Beredar sebuah video yang mengklaim resep paling ampuh untuk membunuh covid-19. Resep membunuh covid-19 yang dimaksud, yakni menghirup uap panas yang sudah dicampurkan minyak kayu putih.

Di dalam video berdurasi 51 detik tersebut, tampak seorang pria paruh baya sedang menghirup uap panas dari ketel. Dia juga mengklaim kalau uap panas yang dihirupnya sudah ditambahkan dengan minyak kayu putih.

Pria paruh baya itu pun mengklaimnya sebagai resep murah meriah untuk membunuh covid-19 .

Begini perkataan yang dikeluarkan pria paruh baya dalam video tersebut:

"Membunuh virus corona paling yahud. Joosss.

Ketel uap diberi minyak kayu putih.

Inilah resep murah meriah.

(pria paruh baya itu menghirup uap panas dari ketel)

Saya berasa batuk-batuk langsung hilang.

(pria paruh baya itu menghirup uap panas dari ketel)"

Lalu, benarkah uap panas yang dicampur minyak kayu putih bisa membunuh covid-19 seperti dalam klaim video tersebut? Simak dalam artikel berikut ini....

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

2. Cek Fakta: Belum Terbukti Minum Minyak Kayu Putih Melancarkan Napas Pasien Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19.

Klaim meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19 diunggah akun Twitter @Simplemiska, pada 2 Desember 2020.

Berikut unggahan tersebut:

"Buat kluargakuTETAP WASPADA YAHTmn positif covid..kluar lendir dr hidung smp bercampur darah..nafas sesak…stlh minum minyak kayu putih..baru berasa enakan jalan nafasnya…INGAT!! COVID itu ada yah…bukan ANTARA ADA DAN TIADA"

Benarkah meminum minyak kayu putih bisa melancarkan napas pasien Covid-19? Simak penelusurannya dalam artikel berikut ini...

3 dari 5 halaman

3. Cek Fakta: Tidak Benar Gurah Minyak Kayu Putih Bisa Tangkal dan Sembuhkan Covid-19

Beredar di media sosial Facebook dan aplikasi percakapan video cara mengobati dan mencegah covid-19. Video itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun yang mengunggahnya di Facebook adalah akun Almuzzammil Yusuf. Dia mengunggahnya pada Kamis (10/9/2020).

Sejauh ini video tersebut sudah ditonton lebih dari tiga ribu kali dan dibagikan sebanyak 108 kali dan mendapat delapan komentar.

Dalam postingan video tersebut disertai dengan narasi "Terapi Gurah "Covid" dengan Minyak Kayu Putih".

Video berdurasi 3 menit 41 detik itu menunjukkan cara mencegah dan mengobati covid-19. Caranya dengan mengoleskan kayu putih pada tisu lalu dimasukkan hidung.

Cara itu diklaim ampuh untuk mengeluarkan virus corona covid-19. Selain itu cara tersebut juga diklaim bisa mencegah virus corona covid- 19 asal dilakukan dua kali sehari waktu siang dan malam hari.

Lalu benarkah klaim dalam video tersebut yang mengatakan gurah minyak kayu putih bisa menyembuhkan dan mencegah covid-19? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: