Sukses

Marak Hoaks, Coba Cari Informasi Akuratnya Melalui Cara Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta - Beragam hoaks selalu muncul setiap harinya di media sosial maupun aplikasi percakapan. Tentunya hal ini bisa memicu keresahan di masyarakat yang terpapar hoaks tersebut.

Sejumlah media massa termasuk Liputan6.com mempunyai kanal khusus untuk memberantas hoaks tersebut yakni kanal Cek Fakta Liputan6.com. Selain media massa, lembaga pemeriksa fakta juga mulai berkembang di Indonesia untuk melawan hoaks.

Pemerintah pun tak tinggal diam untuk melawan hoaks. Selain mengawasi adanya konten berbahaya, mereka juga membuat laman khusus agar memudahkan masyarakat mencari kebenaran soal informasi yang beredar.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan membuka laman https://s.id/infovaksin. Di sana terdapat sejumlah pilihan seperti Lapor KIPI, video edukasi tentang efek samping vaksin dan juga opsi untuk cek & buktikan hoaks.

Saat Anda memilih cek & buktikan hoaks maka tinggal masukkan kata kunci yang ingin Anda cari informasinya dan klik tombol kaca pembesar di sebelah kanan.

Nantinya informasi yang Anda cari akan tertuju pada artikel yang sudah tayang di covid19.go.id atau kominfo.go.id.

Selain itu Anda juga memeriksa informasi soal hoaks dengan mencarinya melalui opsi cek & buktikan hoaks yang akan terhubung dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Anda tinggal memilih sejumlah opsi dalam chat tersebut seperti periksa hoaks, Cek Fakta Terbaru hingga Tips & Trik melawan hoaks.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: