Sukses

Cek Fakta: Hoaks Undangan Rakernas Catut Nama Dinkes DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai yang mencatut nama Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Dalam pesan berantai tersebut berisi undangan untuk Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan dari Ditjen Yankes Kementerian Kesehatan RI.

Pesan berantai tersebut juga mencatut nama Kepala Dinkes DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM. Rakernas itu akan diadakan pada 19-20 Januari 2020 di Hotel Aryaduta Makassar.

Selain itu peserta dijanjikan akan ditanggung biaya transportasi dan akomodasi sebesar Rp. 8 juta. Namun peserta diharuskan untuk menghubungi Ketua Panitia Penyelenggara, dr. Suprapto, MH. Kes., PH.D di nomor handphone 081222881124.

Lalu benarkah Dinkes DKI Jakarta akan mengikuti Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan di Makassar?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengunjungi akun media sosial Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, @dinkesdki yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.

Di sana terdapat postingan mengenai hal tersebut yang diunggah pada 12 Januari 2021.

"Berdasarkan hasil koordinasi Tim JalaHoaks dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta (12/01/2021), diperoleh informasi bahwa pesan tersebut adalah tidak benar."

"Selain itu, juga dijelaskan bahwa pihak Dinkes tidak mengadakan kegiatan seperti yang dituliskan pada pesan tersebut. Pesan tersebut dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab."

Dinkes DKI Jakarta juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati pada pesan hoaks yang semakin marak belakangan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dinas Kesehatan DKI Jakarta (@dinkesdki)

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai berisi undangan yang mengatasnamakan Dinkes DKI Jakarta adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: