Sukses

Cek Fakta: Hoaks Joe Biden Mundur sebagai Presiden Amerika Serikat dengan Alasan Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2 Januari 2021, pemilik akun Facebook atas nama Jim Daniels mengunggah sebuah tangkapan layar dengan klaim Joe Biden memutuskan mundur sebagai presiden terpilih Amerika Serikat.

Dalam tangkapan layar itu diklaim sebagai sebuah artikel dari FOX Atlanta dengan judul: "President Elect Biden steps down as President Elect".

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi: "Presiden Terpilih Joe Biden mundur sebagai Presiden Terpilih".

Dalam narasi, seperti diklaim, dijelaskan kalau Joe Biden memilih mundur setelah berkonsultasi dengan keluarga dan tim hukumnya karena masalah kesehatan yang tidak bisa ditentukan.

Lalu, benarkah klaim Joe Biden mundur sebagai Presiden AS terpilih karena masalah kesehatan? Simak di halaman selanjutnya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya menggunakan mesin pencari, Google Search dengan kata kunci: "President Elect Biden steps down as President Elect". Hasil penelusuran tidak ada media kredibel yang memberitakan klaim tersebut, termasuk Fox Atlanta.

Namun, ada pembahasan dari USA Today mengenai klaim Joe Binden mundur sebagai Presiden AS terpilih karena masalah kesehatan. Artikel yang dipublikasikan pada 5 Januari 2021 itu berjudul: "Fact check: False news report indicates Biden plans to step down as president-elect".

USA Today memeriksa media yang diklaim Joe Biden mengundurkan diri, Fox5atlanta.com. Dari hasil penelusuran, media tersebut tidak memberitakan seperti yang diklaim.

Selanjutnya, Joe Biden juga barus mendapat vaksinasi covid-19 pada 21 Desember 2020. Dia juga dijadwalkan mendapatkan vaksinasi kedua yang dikembangkan Pfizer-BioNTech pada pertengahan Januari 2021.

Masih dari USA Today, Joe Biden akan menghadiri kongres pengesahan kemenangannya pada 6 Januari 2021. Dia bersama wakil presiden terpilih, Kamala Haris bakal dilantik pada 20 Januari 2020.

Artikel terbaru yang memuat tentang Joe Biden berada di situs MSN, 6 hari lalu, dalam artikel berjudul: "Joe Biden refers to Kamala Harris as ‘president-elect’". Dalam artikel tersebut, Biden tidak menyebut dirinya mengundurkan diri sebagai Presiden AS terpilih.

Dalam artikel tersebut, pria berusia 78 tahun itu membicarakan distribusi vaksin covid-19 yang merata ke seluruh AS. Menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC), sekitar 11,4 juta dosis vaksin sudah didistribusikan.

Kemudian, Cek Fakta Liputan6.com juga memeriksa media sosial, Twitter, Instagram, dan Facebook milik Joe Biden. Namun tidak ada pernyataan yang menyebut dia mundur sebagai Presiden terpilih AS.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Joe Biden mundur sebagai Presiden AS seperti dimuat Fox Atlanta adalah hoaks. Klaim netizen mengatasnamakan Fox Atlanta sudah dimanipulasi.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: