Sukses

Ragam Hoaks Catut Atlet Terkenal: Kobe Bryant, Lionel Messi hingga Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang tahun 2020, nama atlet top dunia sering kali dijadikan alat untuk menyebarkan hoaks atau informasi palsu. Beberapa nama atlet beken ini mulai dari Kobe Bryant, Cristiano Ronaldo, Pele, Diego Maradona, hingga Lionel Messi.

Berikut ini, Cek Fakta Liputan6.com akan memaparkan kumpulan hoaks mencatut nama atlet top dunia sepanjang tahun 2020.

1. Klaim Foto Penampakan Jenazah Kobe Bryant yang Tewas Kecelakaan Helikopter

Media sosial Facebook dihebohkan dengan sebuah foto yang diduga jenazah legenda NBA, Kobe Bryant. Legenda basket Amerika Serikat (AS) itu meninggal dunia karena kecelakaan helikopter, 26 Januari 2020.

Akun Facebook atas nama Mojolajesu Fabulouz Otun mengunggah foto jenazah yang dia duga Kobe Bryant. Jenazah yang ada di dalam foto tersebut terlihat gosong.

Berikut ini narasi yang dia buat untuk foto tersebut:

"Ini foto sisa-sisa dari legenda Kobe Bryant yang terbakar.

Beristirahatlah dalam damai legenda Kobe."

Baca selengkapnya artikel hoaks tentang atlet Kobe Bryant di sini.

 

2 dari 7 halaman

2. Klaim Foto Pele Menangis di Makam Diego Maradona

Media sosial dibuat terenyuh dengan sebuah foto yang menggambarkan legenda sepak bola Brasil, Pele. Dalam foto itu, Pele diklaim menangis di makam legenda Argentina, Diego Maradona.

Di dalam foto tersebut, Pele menggunakan pakaian serba hitam. Sambil memegang bunga, Pele menangis di depan makam dengan nisan bertuliskan Diego Maradona.

Salah satu pengguna akun Facebook yang menggunggah foto menangis di makam Maradona adalah Rajib Prasad. Begini narasi yang dia buat:

"Ultimate Farewell...Pele’s bow to Maradona...Peaking Silently..!!"

Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Perpisahan Terakhir … Pele membungkuk untuk Maradona … Memuncak dengan diam.. !!"

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 7 halaman

3. Klaim Foto Lionel Messi Tanda Tangani Kontrak dengan Klub Kolombia

Ribuan orang di Facebook dihebohkan dengan foto kapten Timnas Argentina, Lionel Messi yang disebut sudah mendapat klub baru. Disebutkan juga pemain berusia 33 tahun itu resmi meninggalkan klubnya, Barcelona.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun di Facebook yang mengunggah foto Lionel Messi sedang menandatangani kontrak dari klub asal Kolombia, Atletico Nacional.

Dua akun yang mengunggah foto Lionel Messi dengan klub barunya adalah Muyfrio dan Atlético nacional una sola pasión. Berikut narasi yang diberikan dalam foto Messi resmi bergabung dengan Atletico Nacional.

"Yes! Sudah menjadi kenyataan!! Lionel Messi baru saja menandatangani kontrak 3 tahun dengan Atletico Nacional".

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 7 halaman

4. Klaim Juara Dunia ONE Championship Bagi-Bagi Uang untuk Orang Terdampak Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan yang mencatut nama petarung ONE Championship, Aung La Nsang. Disebutkan, dia bagi-bagi puluhan juta dolar Amerika Serikat (AS).

Seperti dikatakan oleh pemilik akun Facebook, San Sk menyebut bahwa Aung La Nsang, petarung ONE Championship yang dikenal dengan nama Burmese Python, membagi-bagian uang total 38 juta dolar Amerika Serikat (Rp 559 miliar) kepada warga Myanmar yang terdampak virus corona covid-19.

Begini narasinya:

"Pejuang MMA Aung La Nsang akan menyumbang 38 juta dolar AS untuk rakyat Myanmar yang terdampak covid-19. Grup Facebook kami akan menghubungi dan mentransfer uang ke semua orang. Silakan ikuti instruksi grup dan tarik uang sebesar 70 dolar AS per rumah tangga."

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 7 halaman

5. Klaim Cristiano Ronaldo Datang ke Garena Menagih Utang

Pada Kamis (17/12/2020), seorang pengguna Facebook dengan akun Agus Salim mengunggah tangkapan layar dengan klaim Cristiano Ronaldo mendatangi kantor Garena untuk menagih utang.

Unggahan tersebut mendapat banyak respons dari netizen. Klaim yang menyebut Cristiano Ronaldo menagih utang ke Garena mendapat 83 respons, 45 komentar, dan 2 kali dibagikan warga Facebook lainnya.

Begini narasi untuk tangkapa layar yang dibuat Agus Salim:

"Sok sok an colep sama RONALDO padahal gk bisa bayar hhhh, udah burik ngaku2 game no satu😂😂 dasar game miskin".

Kemudian, dalam unggahan tangkapan layar menampilkan situs CNN Indonesia dengan judul: "CR7 dan asistennya akan berkunjung ke pusat Garena untuk menagih separuh biaya collab yang belum di bayar"

Baca selengkapnya di sini.

 

6 dari 7 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: