Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Pele Menangis di Makam Diego Maradona, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial dibuat terenyuh dengan sebuah foto yang menggambarkan legenda sepak bola Brasil, Pele. Dalam foto itu, Pele diklaim menangis di makam legenda Argentina, Diego Maradona.

Di dalam foto tersebut, Pele menggunakan pakaian serba hitam. Sambil memegang bunga, Pele menangis di depan makam dengan nisan bertuliskan Diego Maradona.

Salah satu pengguna akun Facebook yang menggunggah foto menangis di makam Maradona adalah Rajib Prasad. Begini narasi yang dia buat:

"Ultimate Farewell...Pele’s bow to Maradona...Peaking Silently..!!"

Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Perpisahan Terakhir … Pele membungkuk untuk Maradona … Memuncak dengan diam.. !!"

Lalu, benarkah klaim dari foto tersebut?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Images. Hasil penelusuran tidak ada yang menunjukkan foto Pele menangis di makam Maradona.

Namun, ada foto yang sangat identik seperti yang diklaim pengguna Facebook. Foto yang identik ini ditemukan di situs Wake Memorial Park hingga Getty Images.

Dalam foto aslinya, seorang pria memegang bunga sambil menunduk di sebuah makam. Namun, makam itu tidak memiliki nama seseorang yang dikebumikan di sana.

Beberapa situs stock photo memberikan foto itu dengan caption: "Foto seorang pria mengunjungi makam dengan seikat bunga".

Perhatikan foto di bawah ini:

 

Hasil penelusuran Google juga mengarahkan ke situs India Today dengan judul artikel: "Fact Check: Picture of Pele mourning at Maradona's grave is morphed". Artikel itu dipublikasikan pada 28 November 2020.

Situs India Today memastikan foto Pele menangis di makam Maradona sebagai hasil suntingan. Satu-satunya ucapan duka cita Pele atas meninggalnya Maradona tertuang di akun Twitter pribadi.

"Berita yang menyedihkan. Saya kehilangan seorang teman baik dan dunia kehilangan seorang legenda. Masih banyak yang bisa dikatakan, tapi untuk saat ini, semoga Tuhan memberi kekuatan kepada anggota keluarga. Suatu hari, saya berharap kita bisa bermain bola bersama di langit," kicau Pele.

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebut Pele menangis di makam Diego Maradona adalah hoaks karena foto itu merupakan hasil suntingan.

Satu-satunya ucapan duka cita Pele atas meninggalnya Maradona tertuang di akun Twitter pribadi.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: